Kamis, 25 Apr 2019
radartulungagung
icon-featured
Ekonomi

Salah Satu Produk Unggulan Desa, Begini Rahasia Untuk Jaga Kualitas

05 April 2019, 06: 50: 59 WIB | editor : Retta wulansari

CEKATAN: Pekerja sedang mengisi isian pada adonan pia.

CEKATAN: Pekerja sedang mengisi isian pada adonan pia. (SITI NURUL LAILIL M/RATU)

TULUNGAGUNG - Keberadaan industri di dalam desa bisa menjadi roda penggerak ekonomi masyarakat desa setempat. Betapa tidak, perannya bisa menjadi sumber mata pencarian warga. Tentu itu akan berdampak positif. Minimal mampu mengurangi jumlah pengangguran.

Dengan berkembangnya usaha itu, Pemilik industri pia Yuvita, Wahyudi mengatakan mengaku bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Tentunya bisa membantu perekonomian warga sekitar meski status pekerja adalah harian lepas. "Kami tidak mengikat. Pekerja statusnya harian lepas kalau dihitung sekitar 40 orang. Kalau pekerja tetap hanya tiga, yakni bagian oven dan pengaduk," tambahnya.

Untuk menjaga kualitas, pria 36 tahun ini mengaku menggunakan bahan yang berkualitas dan sesuai petunjuk badan pengawas obat makanan (BPOM). Dia juga selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin melihat proses produksi pianya. Bahkan sering kali ada pengunjung seperti dari pihak kecamatan ataupun lainnya ingin melihat produksinya. "Untuk jaga kebersihan, kami wajibkan setiap karyawanya memakai masker dalam proses produksi. Begitu pun juga tempat, harus bersih," tegasnya.

Wahyudi mengatakan, produk pia buatannya salah satu produk unggulan desa. Bahkan pemerintah desa sering kali mengajak ikut pameran di berbagai event desa, kecamatan, maupun kabupaten. Tentu ada dampak dari pameran tersebut, yakni lebih dikenalnya pia keringnya. Meskipun, hal itu tidak terlalu signifikan terhadap pemasaran. "Kalau bantuan, selama ini belum ada. Misal pun ada jalan, kita berharap bisa mendapatkan bantuan alat seperti mixer. Yang bertujuan untuk mempermudah produksi," terangnya. Selain pameran, juga pernah mendapatkan fasilitas dari dinas terkait seperti disperindag berupa seminar.

(rt/lai/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia