Kamis, 25 Apr 2019
radartulungagung
icon featured
Blitar

Hore...Satu Kelurahan Digelontor Rp 350 Juta untuk Bangun Sarpras

15 April 2019, 03: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

Hore...Satu Kelurahan Digelontor Rp 350 Juta untuk Bangun  Sarpras

BLITAR KABUPATEN – Pembangunan infrastruktur di tingkat kelurahan bakal segera dikerjakan. Itu menyusul akan dilakukan pencairan anggaran sebesar Rp 10,3 miliar.

Dana tersebut diperuntukkan untuk pembangunan sarana prasarana (sarpras) khusus kelurahan di seluruh Kabupaten Blitar. Berdasarkan informasi, nantinya setiap kelurahan di Kabupaten Blitar akan mendapatkan anggaran sebesar Rp 350 juta hingga Rp 370 juta.

 Anggaran tersebut bersumber dari APBN melalui dana alokasi umum (DAU). Sedangkan peruntukkannya yakni untuk kegiatan pembangunan sarpras kelurahan. Selain itu, juga untuk membiayai pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, yang meliputi pengadaan, pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan sarpras lingkungan permukiman, transportasi, kesehatan, pendidikan, dan kebudayaan .

 Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Blitar Khusna Lindarti mengatakan, dana tersebut hampir seperti anggaran alokasi desa (ADD). Tapi peruntukkannya khusus kelurahan. “Semua kelurahan di Kabupaten Blitar akan mendapatkan dana bantuan tersebut,” ungkapnya.

Program tersebut merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 130 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Kelurahan. “Semua petunjuk teknis (juknis) dana kelurahan juga diatur dalam Permendagri Nomor 130,” jelasnya.

Rencananya, pencairan anggaran dana kelurahan bakal dilakukan dalam waktu dekat. Menurut dia, kini masih dilakukan proses penjabaran anggaran dan menunggu teknis pencairan dana ke setiap kelurahan. Pencairan dana kelurahan diprediksi pada pertengahan tahun ini. “Kan teknis pencairan belum disosialisaikan oleh pusat. Jadi kami harus menunggu teknisnya dulu,” ujarnya.

Dengan adanya dana kelurahan tersebut, diharapkan nantinya seluruh kelurahan bisa meningkatkan pembangunan sarpras menunjang. “Mudah-mudahan program ini bisa dinikmati oleh warga,” imbuhnya. 

(rt/sai/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia