Senin, 17 Jan 2022
Radar Tulungagung
Home / Trenggalek
icon featured
Trenggalek

Gudangnya Entrepreneur, Minim UMKM Bersaing di Luar Trenggalek

13 Desember 2021, 15: 36: 16 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Gudangnya Entrepreneur, Minim UMKM Bersaing di Luar Trenggalek

Share this      

TRENGGALEK - Hanya segelintir produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Trenggalek yang mampu bersaing di luar daerah. Padahal masih banyak ceruk yang bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak hal itu. Kendati demikian, dinas koperasi, usaha mikro, dan perdagangan (diskomidag) lebih memilih menunggu program pengusaha perempuan berkembang. “Pelaku usaha mikro (UM) yang paling eksis di Jatim, termasuk di Trenggalek,” kata Kepala Diskomidag Agoes Setiyono.

Menurut dia, UM berfokus pada penjualan bahan-bahan pokok yang tipikal usaha itu hanya untuk memenuhi kebutuhan primer. Alhasil, pasar yang mereka kuasai hanya bersifat lokal. Namun sebaliknya, produk-produk usaha yang memiliki tempat bersaing di pasar luar daerah itu justru produk-produk tersier yang memiliki nilai estetis. Tak heran, batik, sepatu, tas, buatan warga lokal Trenggalek, dapat bersaing dengan pasar luar.

“Ada sekitar 50 produk yang sudah masuk platform online, seperti Tokopedia, Bukalapak, pasartrenggalek.com, galeri gemilang, Sarinah, dan bandara,” ungkapnya.

Baca juga: Udan Angin di Bendungan, Kios Hancur Tertimpa Pinus

Dia menambahkan, pemkab sudah menyusun rencana agar UMKM Trenggalek dapat bersaing ke luar daerah. Salah satunya melalui program lima ribu pengusaha perempuan, meskipun masih terus berprogres. (tra/c1/rka/dfs)

(rt/pur/ang/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia