Minggu, 26 Jun 2022
Radar Tulungagung
Home / Trenggalek
icon featured
Trenggalek

SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek Terus  Torehkan Prestasi

19 Maret 2021, 06: 00: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek Terus  Torehkan Prestasi

BANGGA: Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring SH SIK MSi foto bersama ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Cabang Trenggalek dan para guru berprestasi di SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek. (POLRES FOR RADAR TRENGGALEK)

Share this      

KOTA, Radar Trenggalek - Sekolah Luar Biasa (SLB) Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek kembali menorehkan prestasi membanggakan. Dalam lomba yang digelar dalam rangka HUT Ke-41 Yayasan Kemala Bhayangkari tahun 2021, SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek berhasil menyabet berbagai gelar juara.

Ya, pada lomba cerdas cermat yang diselenggarakan pada tanggal 16-18 Maret 2021 yang lalu, salah satu guru pengajar SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek, Dhiranti Byar Lestari berhasil meraih juara III menyisihkan 20 finalis se-Indonesia. Bukan itu saja, tiga tenaga pendidik asal Trenggalek, yakni Tika Vendra Ar, Annisa Fitri Wulan Sari, dan Satwika Handayani lolos hingga babak semifinal.

Sementara pada lomba yang digelar oleh Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Jawa Timur (Jatim), SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek memborong empat piala kejuaraan sekaligus.

Baca juga: Animo Tinggi, Pengunjung Dibatasi 50 Persen

M. Syaiful Ramadhani yang merupakan siswa SMPLB tunanetra dan Nanang Widodo, siswa SMALB tunanetra, masing-masing menjadi juara I lomba menyanyi. Juga Erlina, siswa SDLB yang berhasil menyabet juara II lomba yang sama. Ada pula Dhimas Darmawan yang juga merupakan siswa SDLB, meraih juara II dalam lomba menggambar dan mewarnai.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek yang juga alumni Akpol tahun 2000, AKBP Doni Satria Sembiring SH SIK MSi selaku pembina SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek menuturkan kabanggaan dan apresiasinya atas prestasi yang telah diraih tersebut.

“SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek adalah sekolah yang mendedikasikan diri bagi anak-anak kita yang berkebutuhan khusus. Dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, mereka mampu menunjukkan jati diri dan prestasi yang sangat membanggakan,” ungkap AKBP Doni.

Sebagai bentuk perhatian dan kebanggaannya, orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini akan memberikan hadiah khusus bagi siswa dan guru yang telah meluangkan waktunya hingga berhasil menjuarai lomba tersebut serta sebagai motivasi agar lebih bersemangat lagi. “Prestasi ini tidak hanya membawa nama baik SLB Kemala Bhayangkari, tetapi juga kepolisian dan Kabupaten Trenggalek secara umum.” Imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek, Pardiono mengatakan, tidak ada persiapan khusus dalam menghadapi lomba yang digelar secara virtual tersebut. Hanya beberapa kali tryout untuk me-refresh kembali materi latihan yang meliputi bidang studi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, dan bahasa Inggris.

Sedangkan untuk lomba tingkat siswa, pihaknya memberikan pendampingan dan latihan yang dilakukan secara simultan dan melibatkan beberapa guru yang memang secara khusus berkompetensi di bidang seni. “Kita dampingi dan memberikan beberapa latihan agar lebih siap. Alhamdulillah bisa lolos juara nasional dan Jatim. Khusus tingkat siswa, nantinya akan menjadi perwakilan Jatim di ajang nasional,” ucap Pardiono.

Sebagai informasi, SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek selama ini memang cukup dikenal memiliki seabrek prestasi. Setiap tahun selalu saja ada kejuaraan yang dimenangkan oleh guru maupun siswa. Tidak hanya tingkat kabupaten, tetapi juga sering kali menjuarai berbagai lomba tingkat provinsi bahkan internasional.

Di tahun 1999, SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek tercatat meraih juara pada Special Olympic Summer games di New Carolin, Amerika Serikat. Satu tahun berikutnya, salah satu siswa memperoleh Bintang Parama Krida Pratama dari pemerintah yang diserahkan oleh wakil presiden pada waktu itu Ibu Megawati Sukarno Putri.

Tahun 2001, SLB kemala Bhayangkari Trenggalek memborong piala pada gelaran PORDA BPOC se-Jatim di Kediri dengan 9 orang meraih juara I, 10 orang juara II, dan 1 orang juara III. Demikian juga pada tahun 2011, pada peringatan HAN Provinsi Jatim, sedikitnya 13 piala kejuaraan dibawa pulang.

Di samping olahraga, sekolah ini mengajak para siswanya mengolah bakat seni dan budaya. Tak sia-sia, pada tahun 2019 mampu menjuarai lomba membatik dan desain grafis pada loma LKSN Provinsi Jatim dan pada tahun 2020 yang lalu, kembali meraih juara menari pada gelaran FLS2N tingkat Provinsi Jawa Timur. (*)

(rt/dre/alwk/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia