Minggu, 28 Nov 2021
Radar Tulungagung
Home / Features
icon featured
Features

Komunitas Mural Marul Hidupkan Kembali Seni Jalanan

21 September 2021, 14: 35: 23 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Komunitas Mural Marul Hidupkan Kembali Seni Jalanan

PENUH PESAN: Komunitas Mural Marul usai melukis di dinding di salah satu sudut Tulungagung. (MURAL MARUL FOR RATU)

Share this      

TULUNGAGUNG, Radar Tulungagung - Setelah vakum tiga tahun, seniman street art di Tulungagung lahir kembali dengan adanya Mural Marul di tahun 2020. Berharap seniman jalanan lebih terbuka dalam berkarya untuk mempercantik tembok-tembok jalanan di Tulungagung.

Pada beberapa sudut jalan Kota Marmer ini dihiasi gambar unik dan cantik pada dinding-dinding jalanannya. Seperti saat melewati Jalan Panglima Sudirman dan melihat ke tembok sisi barat jalan banyak gambar mural.

Gambar-gambar itu merupakan karya dari komunitas street art bernama Mural Marul yang lahir pada Agustus tahun 2020 lalu. Komunitas ini ada dengan menghidupkan kembali adanya street art di Kabupaten Tulungagung.

Baca juga: Mainan dari Plastik Tapi kok Mahal? Yuk Intip Koleksi Gunpla-nya Seto

Karena sebelum adanya komunitas Mural Marul ini, seniman jalanan di daerah Tulungagung sempat vakum. Salah satu anggota Mural Marul bernama Daniar Ainun Dwitama.

Mahasiswa jurusan seni rupa Institut Seni Indonesia (ISI) ini telah aktif menggambar di jalanan Tulungagung sejak 2014. Selain karena dia hobi menggambar sejak kecil, tertarik ke mural juga adanya keterkaitan dengan musik hiphop yang diikutinya.

“Aktivitas street art di Tulungagung mulai ramai ketika tahun 2014 hingga 2017. Namun setelah itu vakum karena para senimannya punya kesibukan masing-masing. Hingga akkhirnya ada Mural Marul karena atas dasar keresahan,” ujar Daniar yang ditemui kemarin (20/9).

(rt/jar/ang/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia