Sabtu, 25 Jun 2022
Radar Tulungagung
Home / Features
icon featured
Features

12 Manfaat Menggunakan Aplikasi Catatan Penjualan untuk UMKM

25 April 2022, 16: 05: 22 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

12 Manfaat Menggunakan Aplikasi Catatan Penjualan untuk UMKM

Share this      

JOGJA - Usaha yang sukses berawal dari keuangan yang baik. Pelajari manfaat aplikasi catatan penjualan untuk bisnis sukses di Jurnal. Saat ini, perkembangan dunia digital semakin pesat dan memasuki banyak aspek dalam kehidupan. Tak terkecuali dalam dunia ekonomi dan bisnis. Penggunaan teknologi yang belakangan ini populer yaitu aplikasi catatan penjualan. Jurnal menjadi salah satu aplikasi catatan penjualan yang terkenal. Bahkan aplikasi catatan penjualan ini telah diunduh oleh lebih dari 100.000 pelaku bisnis di Indonesia.

Apakah keuntungan dan manfaat aplikasi catatan penjualan untuk bisnis? Penjelasan di bawah ini akan menjawab pertanyaan tersebut dengan lengkap dan mudah dipahami.

Manfaat Aplikasi Catatan Penjualan untuk Bisnis

Baca juga: Komunitas Gulung Tulungagung Tukar Kenalkan Arsip Lewat Pameran

1. Fitur Tagih atau Bayar Langsung Terkirim!

Manfaat pertama dari aplikasi catatan penjualan Jurnal adalah adanya fitur tagih atau bayar ke pelanggan. Transaksi aman dan langsung terkirim!

Fitur aplikasi catatan penjualan ini memungkinkan Anda dan pelanggan untuk saling bayar dan tagih meskipun beda bank. Selain itu, semua transaksi dijamin aman karena bekerja sama dengan OY! dan Xendit yang terlisensi dengan Bank Indonesia.

2. Bisa Jual Pulsa dan Token Listrik (PPOB)

Selain bisa bayar atau tagih uang ke pelanggan. Aplikasi catatan penjualan Jurnal juga menyediakan fitur untuk berjualan pulsa dan token listrik.

Anda bebas mengatur keuntungan dari penjualan pulsa dan token listrik. Selain itu ada banyak metode pembayaran yang bisa kalian lakukan. Semuanya dipermudah untuk menunjang bisnis Anda. Jangan lupa untuk menikmati fitur ini, Anda wajib mengupdate aplikasi Jurnal ya!

3. Mengetahui Status Keuangan Bisnis

Laporan keuangan merupakan salah satu hal paling penting yang harus dipahami oleh pengusaha. Langkah yang akan diambil untuk keberlangsungan bisnis diambil berdasarkan laporan tersebut.

Dalam membuat laporan keuangan, setidaknya Anda memerlukan dasar ilmu akuntansi. Sayangnya tak semua orang memahami ilmu ini.

Berkat bantuan aplikasi catatan penjualan Jurnal, Anda tak perlu mendalami ilmu akuntansi untuk membuat laporan keuangan. Fitur yang disajikan dalam aplikasi dapat membantu Anda mencatat keuangan bisnis.

Perhitungan pun dilakukan secara otomatis sehingga Anda dapat mengetahui kondisi untung dan rugi dari usaha yang dijalankan secara real time.

4. Akses Pengawasan Lebih Mudah

Jurnal merupakan aplikasi yang berbasis pada sistem operasi Android. Sehingga Anda dapat memasang aplikasi pencatatan penjualan di ponsel.

Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengakses pembukuan dan laporan keuangan bisnis Anda hanya dalam genggaman tangan. Anda dapat memantau aplikasi ini di mana pun dan kapan pun.

Bahkan Anda tak perlu datang langsung ke lokasi usaha untuk mengawasi transaksi pembelian dan pengeluaran.

Aplikasi Jurnal menggunakan sistem realtime sehingga Anda tak perlu khawatir akan adanya data yang tidak sinkron.

5. Memudahkan Evaluasi Kinerja Bisnis

Laporan pembukuan toko memiliki peranan yang sangat penting karena menggambarkan bagaimana usaha Anda berjalan.

Oleh sebab itu, pembukuan toko digunakan untuk melakukan evaluasi kinerja. Jika ada hal yang membuat bisnis merugi, hal itu harus diperbaiki. Sementara itu, strategi yang membuat bisnis meraup untung harus dipertahankan. Aplikasi Jurnal dapat membantu perusahaan mendapatkan laporan yang akurat.

Dengan catatan Anda telah memasukkan seluruh data transaksi. Anda tak perlu khawatir akan ada transaksi yang terlewat atau salah dalam perhitungan.

Jadi, laporan yang dihasilkan dari Jurnal dapat mempermudah Anda dan rekan untuk melakukan evaluasi kinerja bisnis.

6. Strategi Bisnis Akurat

Setelah melakukan evaluasi, Anda juga perlu merencanakan strategi bisnis untuk periode selanjutnya. Tujuannya adalah memperbaiki kesalahan yang terjadi pada periode sebelumnya.

Dengan adanya laporan keuangan yang didapatkan dari Jurnal, penyusunan strategi bisnis menjadi lebih akurat.

Misalnya terdapat penjualan beberapa produk yang kurang baik, data ini akan dapat Anda lihat dengan sangat akurat di dalam laporan. Aplikasi pencatatan penjualan Jurnal menyediakan data penjualan dengan tingkat keakuratan yang tinggi.

Dengan begitu, Anda dapat menyusun strategi untuk meningkatkan penjualan produk tersebut di periode berikutnya.

7. Pencatatan Transaksi yang Tersistem

Aplikasi pencatatan penjualan Jurnal merupakan aplikasi yang memiliki sistem serta database yang saling terhubung. Sehingga dapat menghasilkan laporan yang akurat dan detail dalam waktu singkat.

Aplikasi catatan penjualan ini juga dapat digunakan sebagai aplikasi kasir. Sehingga catatan penjualan akan langsung masuk ke database.

Dengan begitu, pencatatan keuangan dalam bisnis Anda menjadi lebih terstruktur dan berkesinambungan.

Data yang terperinci memudahkan Anda untuk melakukan pengawasan dan evaluasi seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya.

Pencatatan transaksi yang tersistem pada aplikasi Jurnal juga didukung dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami, bahkan oleh pemula.  Hal ini tentu dapat memudahkan Anda yang masih awam akan penggunaan teknologi.

8.  Meningkatkan Branding Bisnis

Meningkatkan Branding Bisnis

Dengan menggunakan aplikasi Jurnal, Anda memperkenalkan kepada pelanggan bahwa bisnis Anda sudah memakai teknologi terbaru.

Hal ini akan menambah penilaian baik dari konsumen kepada bisnis Anda. Terlebih saat ini, anak mudalah yang lebih banyak menjadi konsumen. Anak muda tentu sangat akrab dengan teknologi modern.

Dengan menggunakan aplikasi Jurnal, Anda tak perlu lagi pusing memikirkan pembukuan dan laporan keuangan. Jadi, Anda dapat lebih fokus pada pelayanan pelanggan. Pelayanan terbaik tentu akan meningkatkan penilaian pelanggan terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Semakin baik penilaian yang didapatkan, pelanggan pun tak segan untuk kembali lagi ke toko Anda.

9. Menyimpan Data Dalam Jumlah yang Tidak Terbatas

Aplikasi Jurnal dapat digunakan untuk mencatat seluruh transaksi hingga jumlah yang tidak terbatas. Hal ini dapat dilakukan berkat dukungan database yang dimiliki Jurnal.

Data ini dapat diakses di mana saja tanpa mengenal waktu. Anda juga dapat melakukan pencarian terhadap transaksi atau stok barang hanya dalam beberapa detik. Kelebihan lain dari Jurnal yaitu menyediakan perhitungan secara otomatis.

Jadi, Anda tak perlu lagi memikirkan tentang perhitungan pada laporan keuangan. Semuanya sudah dilakukan secara sistematis dan akurat.

10. Mengurangi Kelalaian yang Sering Terjadi

Manusia tak dapat mengingat banyak data sekaligus, kecuali orang tersebut memang jenius. Oleh sebab itu sering terjadi kelalaian dan kesalahan dalam pencatatan barang atau keuangan bisnis.

Anda dapat mengantisipasi kelalaian ini dengan menggunakan aplikasi seperti aplikasi pencatatan penjualan Jurnal. Simpanlah data transaksi dan juga daftar barang Anda di dalam aplikasi.

Jika diperlukan, Anda cukup mencari transaksi yang dibutuhkan. Hanya dalam beberapa detik, data akan ditampilkan secara terperinci.

Hal ini juga berlaku untuk pencarian barang atau stok. Jika ingin mengetahui stok suatu produk, Anda cukup mencarinya di dalam aplikasi. Tak perlu lagi mengingat stok barang satu per satu.

Kesalahan penghitungan dalam proses pembukuan manual juga sering terjadi. Akibatnya, terjadi ketidakseimbangan antara saldo di laporan dengan saldo di lapangan.

Anda dapat mengurangi kemungkinan kesalahan perhitungan dalam pembukuan dengan menggunakan aplikasi pencatatan penjualan Jurnal.  Perhitungan yang dilakukan oleh komputer tentu lebih akurat dibandingkan perhitungan manual.

11. Pelacakan Produk Lebih Cepat

Ketika Anda menggunakan sistem pencatatan produk secara manual, diperlukan waktu yang lama untuk mencari produk satu per satu.  Tak jarang pula pencatatan ganda untuk satu produk yang sama.

Apabila Anda menggunakan aplikasi seperti Jurnal untuk mencatat produk, pencarian dapat dilakukan dengan lebih cepat. Sebab pelacakan dilakukan oleh sistem. Pencatatan menggunakan aplikasi pun mengurangi kemungkinan pencatatan ganda.

Aplikasi dapat mendeteksi apabila terjadi pencatatan ganda untuk barang yang sama sehingga data tidak dapat dimasukkan ke dalam database.

12. Menampilkan Kondisi Persediaan Secara Akurat

Jika Anda membuka usaha toko atau semacamnya, memeriksa persediaan atau stok sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bisnis Anda tidak kehabisan stok untuk dijual.

Dengan aplikasi seperti Jurnal, setiap transaksi penjualan yang tercatat akan secara otomatis mengurangi stok. Dengan begitu, stok yang ada di aplikasi akan selalu sama dengan stok di gudang.

Apabila ada barang yang hilang tanpa tercatat pun dapat diketahui dengan lebih cepat. Hal ini dapat dikategorikan sebagai kecurangan atau kehilangan.

Ada banyak sekali manfaat aplikasi catatan penjualan untuk bisnis. Anda dapat mendapatkan seluruh manfaat itu sekaligus dalam satu aplikasi catatan penjualan Jurnal.

Jangan lupa untuk mengunduh dan memasang aplikasi catatan penjualan Jurnal by Mekari di ponsel Anda untuk mempermudah pengelolaan bisnis.

(rt/ang/ang/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia