Minggu, 28 Nov 2021
Radar Tulungagung
Home / Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Akuntasi Syariah UIN SATU Tulungagung Lahirkan Akuntan Profesional

01 Oktober 2021, 11: 20: 06 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Akuntasi Syariah UIN SATU Tulungagung Lahirkan Akuntan Profesional

Share this      

KOTA, Radar Tulungagung - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi Syariah UIN SATU Tulungagung menggelar pelatihan software Accurate pada Senin (27/9). Bertempat di aula lantai 6 Gedung Saifuddin Zuhri dengan fasilitas ruangan memadai dan jaringan wifi yang lancar.

Peserta pelatihan 48 mahasiswa semester III dan V dari jurusan Akuntansi Syariah, diharapkan menjadi akuntan profesional yang paham perkembangan standar akuntansi keuangan terkini dalam menghadapi era digitalisasi.

Pelatihan ini bekerja sama dengan Kantor Akuntan KJA Sugeng. Dengan pemateri, Yanuar Riswandhita CAP CBV, supervisor IT dan Rina Susanti SAk CAP, supervisor accounting. Kedua pemateri telah mendapatkan rekognisi dari software Accurate dan penilai bisnis dari Association of Chartered Certified Accountants.

Baca juga: Dispendik Kota Blitar: Tetap Batasi Kehadiran Siswa

Wakil Dekan 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SATU Tulungagung, Dr Sutopo MPd mengatakan, mahasiswa Akuntansi Syariah harus berjiwa skill. Salah satunya penguasaan Accurate.

Setiap pelatihan tentu digunakan untuk mendukung jurusan dan memperkuat ijazah dalam bentuk surat keterangan pendamping ijazah (SKPI), yang akan diperlukan untuk melamar pekerjaan.

“HMJ Akuntansi Syariah perlu mengakomodasi acara-acara pelatihan yang bisa melatih skill. Nantinya dapat menunjang saat melamar pekerjaan,” ujarnya saat sambutan.

Sutopo berharap pelatihan ini dapat menjadi bekal mahasiswa jurusan Akuntansi Syariah terhadap profesi akuntan.

“Kini kebutuhan terhadap standar akuntansi keuangan (SAK) yang tepat dan update. Software akuntansi yang memadai juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam menyusun laporan keuangan yang berkualitas,” ujar Pimpinan Kantor Akuntan KJA Sugeng, yang juga Ketua IAI Wilayah Jatim Komisariat Kediri dan anggota Association of Certified Fraud Examiners, Drs Ec Sugeng MM MAk CA Ak ACPA Asean CPA CBV.

Para peserta mendapatkan banyak manfaat dari pelatihan tersebut. Tidak ilmu teori seperti di perkuliahan, tapi juga ilmu untuk melatih keterampilan komputerisasi. Terutama software Accurate.

Dengan skill komputerisasi yang dimiliki, akan memudahkan para akuntan mengelola keuangan dengan cepat dan mudah. (dav/dfs)

(rt/ang/ang/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia