Minggu, 28 Nov 2021
Radar Tulungagung
Home / Politik
icon featured
Politik

Panhis Menduga ada Kejanggalan dalam Pilwabup Tulungagung

22 September 2021, 15: 47: 47 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Panhis Menduga ada Kejanggalan dalam Pilwabup Tulungagung

Share this      

KOTA, Radar Tulungagung – Calon wakil bupati (cawabup) nomor urut 2, Panhis Yody Wirawan, tampaknya masih memiliki ganjalan hati.

Hal ini terlihat dari pengajuan keberatan terhadap tahapan pemilihan wakil bupati (wabup) sisa masa bakti 2018- 2023 yang digelar Sabtu lalu (18/9).

Pengajuan keberatan itu diantarkan saksi pada proses penghitungan suara yang sebelumnya ditunjuk Panhis. Yakni Riska Wahyu Nurfitasari yang didampingi Sekretaris DPD Partai Nasdem Tulungagung, Tatang Adiwiyono, ke DPRD Tulungagung pada Senin kemarin (20/9).

Baca juga: DPD Partai Golkar Kabupaten Tulungagung Gelar Vaksinasi Massal

“Bu Riska ini sebagai saksi yang ditunjuk Pak Panhis. Beliau mendapat mandat untuk mengajukan keberatan Pak Panhis atas pemilihan kemarin. Nasdem sebagai pengusung hanya mendampingi saja,” kata Tatang Adiwiyono saat dikonfirmasi kemarin (21/9).

Dia menjelaskan, cawabup yang diusungnya itu mengajukan keberatan atas proses pemungutan suara dan perhitungan suara.

Menurutnya proses tersebut tidak sesuai tatib pemilihan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Jadi keberatan tahapan pemilihan pada sidang paripurna kemarin langsung diajukan ke sekretariat dewan.

“Seperti tahapan perhitungan sesuai tatib, seharusnya surat suara dimasukkan ke kotak suara. Selanjutnya dikeluarkan satu per satu, dibuka dan dilihat mana yang dicoblos. Jadi transparan. Tidak seperti kemarin, suara kolektif setiap partai itu diikat dengan karet tanpa dibuka dan dihitung,” terangnya.

(rt/lai/ang/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia