Minggu, 18 Nov 2018
radartulungagung
icon featured
Trenggalek

Kursi Direktur PDAM Kurang Diminati

Hanya Dua Calon yang Mendaftar

Senin, 10 Jul 2017 08:34 | editor : Andrian Sunaryo

Pencarian Direktur Baru

Pencarian Direktur Baru (Hendar Novias/ Radar Trenggalek)

Posisi Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Keripik Tempe sepertinya tidak begitu menggiyurkan. Indikasinya, kendati sudah sebulan lebih diumumkan, hanya ada dua orang calon direktur saja yang sudah mendaftar. Diduga hal itu karena tantangan menjadi kepala BUMD di daerah kecil cenderung lebih berat, dibandingkan dengan besaran pendapatan sebagai direktur perusahaan daerah. “ Sudah ada dua orang calon yang mendaftar, satu dari Tulungagung satu lagi dari Madiun,” ujar Direktur PDAM Tirta Dharma, Maryati, kemarin(9/7).

Dikatakan dia, ada sederet proses yang harus dilalui untuk menjadi orang nomor satu dilingkup perusahaan daerah tersebut. Sementara ini, kedua calon masih dalam tahap verifikasi data administrasi. Setelah itu akan dilakukan uji kelayakan, tes kesehatan dan ketentuan lain sebelum diumumkan sebagai direktur baru di perusahaan tersebut. “ Saat ini masih dalam proses seleksi administrasi. Berikutnya, tanggal 12 Juli nanti akan diumumkan lolos tidaknya calon tersebut dari segi administrasi,” jelas dia.

Maryati menyebutkan, pada pengumuman pertama akhir Mei lalu, hanya ada seorang calon direktur yang mendaftar. Untuk itu, pihaknya lantas membuat perpanjangan waktu untuk pendaftaran calon direktur PDAM. Dari perpanjangan waktu tersebut, didapati seorang calon baru sehingga bisa dilakukan proses atau tahapan dalam seleksi berikutnya.

Ditanya jika salah satu dari dua calon tersebut tidak lolos seleksi, Maryati masih belum bisa memberikan keterangan secara pasti. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dan mengadakan rapat dengan tim seleksi direktur PDAM. “kan ada tahapan-tahapannya, itu nanti akan kita rapatkan lagi,” katanya.

Sementara itu, Kabag Administasi Perekonomian dan SDA, Hasnawati mengatakan persyaratan menjadi direktur PDAM mengacu pada Permendagri. Untuk itu, masih adanya dua calon yang mendaftar bukan karena faktor persyaratannya yang dibuat sulit. “ karena acauannya Permendagri, kami rasa semua PDAM seluruh Indonesia juga relatif sama persyaratannya,” terang dia.

Hanya sambung dia-, memang ada beberapa yang menurut dia bukan sembarang orang yang bisa mendaftar sebagai calon direktur perusahaan daerah tersebut. Pasalnya, selain harus memiliki pengalaman minimal 15 tahun di bidang atau lingkup PDAM, yang bersangkutan juga harus memiliki sertifikasi manegeman air minum. “ Mungkin karena tantangan di perusahaan daerah yang sedang bertumbuh untuk menjadi lebih baik ini yang mempengaruhi pemintaan,” katanya. (hai/tri)

(rt/muh/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia