Selasa, 13 Nov 2018
radartulungagung
icon featured
Features
Agustin.P.S, Juara III Geografi OSN 2017

Belum Pernah Diajarkan di Sekolah, Cari Referensi dari Luar

Selasa, 25 Jul 2017 10:11 | editor : Andrian Sunaryo

TINGKATKAN PRESTASI : Agustin (tengah) bersama Kepala SMAN 1 Trenggalek Sugeng Riyono (kiri) ketika ditemui kemarin.

TINGKATKAN PRESTASI : Agustin (tengah) bersama Kepala SMAN 1 Trenggalek Sugeng Riyono (kiri) ketika ditemui kemarin. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

Selain mendapatkan nilai tinggi, rajin belajar bisa berbuah prestasi. Inilah yang coba dibuktikan Agustin Putri Samsiana, warga Kelurahan Tamanan, Kecamatan Trenggalek. Dengan terus belajar dan menekuni mata pelajaran  (Mapel) Geografi dirinya berhasil meraih juara tiga pada Olimpiade Sains Nasional (OSB) 2017, Pekanbaru, Provinsi Riau Minggu (2/7) hingga Sabtu (8/7) lalu.

ZAKI JAZAI

Aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) telah aktif kembali, termasuk di SMAN 1 Trenggalek kemarin (24/7). Saat itu terlihat hampir seluruh siswa belajar di kelas dengan bimbingan guru masing-masing, kendati ada beberapa siswa yang keluar kelas untuk menyelesaikan keperluan. Bersamaan itu, terlihat gadis berhijab datang ke ruangan guru dan menyapa Jawa Pos Radar Trenggalek ini.

Ya, dialah Agustin Putri Samsiana, salah seorang perwakilan siswa dari Trenggalek yang mengikuti OSN 2017 di Pekanbaru, Riau. Dan, berhasil mendapatkan juara tiga atau medali perunggu pada Cabang Geografi. “Syukurlah untuk tahun ini saya berhasil mendapatkan juara, dan memperbaiki catatan di tahun sebelumnya dalam event yang sama,” katanya.

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, sebab kegagalan pada OSN 2016 Palembang, Sumatera Selatan dengan cabang yang sama sembat menghantui. Itu terjadi, ketika babak final, dirinya tidak bisa mengerjakan soal yang diberikan dewan juri. Bukan hanya itu, sambil menunggu pengumuman dan berbincang dengan peserta lainnya, dirinya sempat tidak percaya diri, karena berdasarkan hasil obrolan tersebut jawaban dari lawannya, dianggap lebih bagus ketimbang dirinya. “Setelah ngobrol itu, saya sempat kebingungan ucapan maaf yang tepat dengan kegagalan yang kedua kalinya tersebut,” ujar Agustin Putri Samsiana.

Ternyata, apa yang dirasakan tidak terbukti. Sebab, ketika pengumuman dirinya berhasil mendapatkan medali perunggu pada event dan cabang yang telah diikutinya dua tahun berturut-turut tersebut. Sehingga, dirinya bisa pulang dengan badan tegap ke kampung halamannya. Dia satu-satunya wakil Trenggalek yang berhasil mendapatkan juara pada OSN tahun ini.

Sebenarnya ketika kegagalan pada 2016 lalu, siswa kelas XII IPS-1 SMAN 1 Trenggalek tersebut, sempat tidak percaya diri lagi untuk mengikutinya lagi dan memilih berhenti. Namun, dengan semangat yang terus diberikan sang guru pembimbing, sedikit demi sedikit kepercayaan diri mulai tumbuh, hingga terus belajar untuk mempersiapkan diri mengikuti event tersebut. “Pelajaran yang diujikan dalam OSN belum diajarkan di sekolah, makanya saya harus aktif mencari bahan atau referensi di luar sekolah,” tuturnya.

Dengan ketekatannya tersebut dirinya aktif mengunjungi perpustakaan maupun toko buku untuk meminjam atau membeli buku terkait geografi. Tak ketinggalan, dirinya juga aktif mencari sumber lain lewat internet, bahkan menjelang pelaksanaan melakukan bimbingan, hingga ke luar Provinsi. Tak ayal, dengan ketekatannya tersebut dirinya berhasil mengukir prestasi lebih baik dari tahun sebelumnya.

Sebenarnya, kelebihannya dalam Mapel Geografi sudah terlihat ketika duduk di bangku SMP. Sebab, saat itu dirinya berani mengikuti Olimpiade Geografi tinggat SMA se-kabupaten, dengan hasil juara, dan membuatnya diterima di tempatnya bersekolah saat ini pada jalur prestasi. Tak ayal kelebihan tersebut dilihat oleh guru pembibingnya saat ini, hingga diminta mengikuti bimbingan Olimpiade Geografi di sekolah. “Sebenarnya saya dulu tidak begitu suka dengan Geografi. Namun karena ingin mengikuti olimpiade dan hanya ini yang dibuka bagi siswa SMP makanya saya mencoba mendalaminya hingga saat ini,” jelas anak pertama dari pasangan Nirsamsi dan Sulatri ini. (*)

(rt/zak/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia