Minggu, 23 Sep 2018
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan
Ransel Man 1 Trenggalek

Purnawiyata MAN 1 Trenggalek Menapaki Dunia Kerja Baru

Senin, 30 Apr 2018 16:49 | editor : Anggi Septian Andika Putra

Purnawiyata MAN 1 Trenggalek Menapaki Dunia Kerja Baru

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Trenggalek kembali menggelar acara purnawiyata kelas XII yang diadakan di halaman madrasah. Acara ini diadakan sebagai puncak dari sekian banyak kegiatan belajar siswa dan ujian-ujian sekolah yang telah ditempuh oleh siswa-siswi kelas XII. Diadakannya acara ini menandakan bahwa madrasah telah siap melepas siswa-siswi kelas XII untuk menempuh kehidupan yang sesungguhnya, yakni kehidupan bermasyarakat dengan bekal yang telah madrasah berikan.

Acara purnawiyata tersebut dimulai pada pukul 07.30 WIB sampai dengan 12.30 WIB. Diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-quran oleh lima orang hafiz dan hafizah dari siswa kelas X dan XI. Dilanjutkan dengan prosesi masuknya wisudawan dan wisudawati ke area purnawiyata dengan diiringi salawat. Kian menarik lagi dengan tampilnya grup karawitan dan paduan suara.

            Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek, Kepala MAN 1 Trenggalek, beberapa kepala Madrasah Tsanawiyah di Trenggalek, bapak ibu dewan guru, serta wali siswa kelas XII. Suasana mengharukan begitu terasa di Purnawiyata ini. Terbukti dengan cucuran air mata dari siswa-siswi yang telah dinobatkan menjadi alumni. Tak lupa, pengucapan ikrar alumni yang dituntun oleh Ulul Albab dan Bilgis Ainiyyah Tufahati Mindari, semakin menambah suasana haru sekaligus rasa cinta terhadap madrasah yang akan ditinggalkan.

            Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek Muhammad Badrudin begitu antusias dengan acara ini. Dalam sambutannya berpesan kepada para alumni agar melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan menambah keterampilan sehingga mereka mampu bersaing di dunia kerja. “Saya berterima kasih sekali kepada bapak ibu wali murid yang telah menyekolahkan putra-putrinya di MAN 1 Trenggalek sehingga mereka keluar dengan bekal ilmu dunia dan akhirat yang cukup,” ujar Muhammad Badrudin.

            Hal serupa juga disampaikan oleh Ahmad Basuki S.Pd,M.SI selaku Kepala MAN 1 Trenggalek. Yakni berpesan agar perpisahan kali ini tak menjadi akhir dari pendidikan yang ditempuh oleh siswa-siswinya, tapi menjadi tonggak awal dalam mencari ilmu lebih banyak lagi. “Agar alumni mampu menjaga nama almamater dan menghiasi diri dengan akhlakul karimah dalam menghadapi tantangan hidup yang semakin berat,” kata Ahmad Basuki.

            Tak hanya itu, madrasah juga memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi sejumlah 12 orang. Kesan haru terpancar dari wajah para wali siswa, terutama wali siswa dari siswa-siswi berprestasi tersebut. Perwakilan dari wali murid Didik Wahyudin S.Pd menghaturkan rasa terima kasih yang mendalam pada bapak ibu guru MAN 1 Trenggalek karena telah membimbing putra-putri kami dengan baik selama bersekolah di madrasah ini.

            Acara purnawiyata ini diharapkan mampu mengikatkan ukhuwah islamiyah yang mampu menyatukan cita-cita, menyatukan sikap dan tujuan, serta menciptakan persatuan dan kebersamaan yang lebih luas. (Rani Destia W, Ririn Dwi K)

(rt/ang/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia