Jumat, 17 Aug 2018
radartulungagung
icon featured
Features

SMPN 4 Trenggalek Buktikan Banjir Prestasi

Senin, 04 Jun 2018 10:44 | editor : Anggi Septian Andika Putra

BERPRESTASI : Dari kiri, Lilis Ratnawati, S.Pd, Hengki Widianto, Maheswari Hemas, Mariya Patmawati, S.Pd, Titik Murniati, S.Pd.

BERPRESTASI : Dari kiri, Lilis Ratnawati, S.Pd, Hengki Widianto, Maheswari Hemas, Mariya Patmawati, S.Pd, Titik Murniati, S.Pd. (Titin Ratna/RATU)

SMPN 4 Trenggalek yang berada di Jalan Pahlawan Gang 6, Karangsoko, Trenggalek, benar-benar membuktikan kualitasnya di dunia pendidikan Trenggalek. Setelah tahun sebelumnya berhasil mengharumkan Bumi Menak Sopal lewat atlet Geger dan Yazit yang menjuarai tenis meja tingkat nasional dan provinsi, kini sekolah yang inputnya tanpa seleksi tes Matematika-IPA dan Bahasa Inggris (MIPA+ING) ini mampu kembali menorehkan prestasi siswa-siswinya di tingkat kabupaten.

Titin Ratna, Trenggalek

Pada Mei lalu, siswa atas nama Maheswari Hemas Widyanahdah kelas VII A meraih juara I Story Telling FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional). Sudah tentu siswi yang tinggal di RT 18/RW 06 Desa Ngetal, Kecamatan Pogalan, ini sukses menyingkirkan rivalnya dari sekolah-sekolah favorit di Kabupaten Trenggalek.

Sepertinya Bahasa Inggris sangat diminatinya. Ditambah dengan hobinya membaca dan menulis cerita dengan latar luar negeri membuatnya terlihat begitu mudah saat bercerita atau telling story di hadapan para juri.

“Saya juga suka menyanyi, terutama lagu yang berbahasa Inggris, karena juga sangat membantu dalam mempelajari bahasa internasional ini. Selain itu, dengan menguasai bahasa Inggris, maka wawasan kita juga semakin luas,” ucap gadis cantik berjilbab ini.

Siswa yang masih berusia 11 tahun yang punya motto ”who can stop my dreaming except God and I (siapa yang bisa menghentikan impianku kecuali Tuhan dan diri saya sendiri)” ini juga masih punya sederet hobi dan talenta lainnya. Di antaranya main musik, qiraah, membaca puisi, dan berenang.

Nah, berenang sengaja dia lakukan seminggu tiga kali untuk menghilangkan kejenuhan dari rutinitas.

Dan dari bakatnya berenang ini, Maheswari mengikuti olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN) tingkat kabupaten dan berhasil meraih juara II.

Tidak hanya mengantar siswa-siswinya meraih prestasi tingkat kabupaten, para guru lembaga pendidikan ini juga ikut mengharumkan nama sekolah di kompetisi level yang sama.

Dalam waktu yang bersamaan, guru dan kepala sekolah meraih prestasi. Yaitu guru atas nama Titik Murniati SPd yang meraih juara I Olimpiade Guru Nasional (OGN) bidang studi IPA dan Mariya Patmawati SPd meraih juara II OGN bidang studi Bahasa Inggris.

Sebelumnya, guru atas nama Husnul Khotimah SAg juga meraih juara II guru berprestasi tingkat kabupaten. Serta Kepala SMPN 4 Trenggalek Lilis Ratnawati SPd juga mewakili Kabupaten Trenggalek di tingkat provinsi sebagai kepala sekolah berprestasi.

Lilis mengatakan bahwa sekolah mendukung seluruh guru, murid, maupun staf yang ingin berkompetisi akademik maupun nonakademik. Sekolah juga berkomitmen mempermudah prestasi tersebut dengan ditunjang berbagai fasilitas dan ekstrakurikuler sekolah.

“Sekolah juga memberi reward terhadap siswa maupun guru berprestasi agar mereka termotivasi untuk aktif mengikuti sejumlah kegiatan lomba.

Terutama yang diadakan instansi dinas pendidikan pemuda dan olahraga. Ini membuktikan bahwa SMPN 4 Trenggalek tidak perlu diragukan lagi kualitasnya,” kata Lilis. (*)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia