Sabtu, 22 Sep 2018
radartulungagung
icon featured
Hukum & Kriminal

Angka Kecelakaan Turun, Tapi Pelanggaran Meningkat

Selasa, 03 Jul 2018 11:39 | editor : Anggi Septian Andika Putra

RUSAK PARAH : Kendaraan roda dua yang mengalami kecelakaan diamankan di gudang Satlantas Polres Tulungagung di Desa Ketanon, Kecamatan Kedungwaru.

RUSAK PARAH : Kendaraan roda dua yang mengalami kecelakaan diamankan di gudang Satlantas Polres Tulungagung di Desa Ketanon, Kecamatan Kedungwaru. (AGUS DWIYONO/ RATU)

TULUNGAGUNG - Angka kecelakaan lalu lintas selama libur panjang Lebaran 2018 di Kota Marmer ini, menurun dibanding tahun lalu. Tahun ini tujuh kecelakaan, padahal tahun sebelumnya ada 31 kecelakaan.

Selainitu, jumlah korban meninggaldunia berkurang dua nyawa dibandingkan tahun lalu. Tahuninikorban meninggal dua orang,sedangkan tahunlalu tercatatempat korban jiwa.

“Jumlah kecelakaan lalu lintas yang masuk wilayah hukum Tulungagung menurun  drastis. Itu tidak lepas dari penjagaan dan sering operasi,” jelas Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP Wisnu Setiyawan Kuncoro kemarin (1/7).

Meski mengalami penurunan angka kecelakaan, justru tingkat  pelanggaran meningkat.

“Angka pelanggaran meningkat, sebab kami memaksimalkan operasi siang dan malam,”ungkapnya.

Pria dengan pangkat tiga balok tersebut membeberkan, hasil rekapan selama operasi patuh selama Lebaran tahun ini, mengamankan 390 pelanggar yang didominasi kendaraan roda dua. Pada tahun lalu menemukan 320 pelanggar.

Dia mengaku, jenis pelanggaran pengendara motor, mulai dari knalpot brong, lampu, hingga kendaraan tidak dilengkapi dengan surat resmi.

Tahun ini wilayah dianggap sering terjadi kecelakaan dari tahun lalu, masih di wilayah sama. Yakni di area jalan raya Tulungagung-Kediri, atau wilayah Ngantru.

“Pada waktu tengah malam ternyata dimanfaatkan pemuda untuk memacu kendaraan lebih cepat, dan tidak mengutamakan keselamatan diri dan orang lain di lokasi itu,” jelasnya. (yon/din)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia