Rabu, 19 Dec 2018
radartulungagung
icon featured
Pendidikan

PPDB Reguler Hanya Penuhi Pagu

03 Juli 2018, 11: 48: 41 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

DISERBU : Panitia PPDB SMPN 1 Trenggalek, ketika memberi masukan kepada salah satu wali murid calon peserta yang akan mendaftar, kemarin.

DISERBU : Panitia PPDB SMPN 1 Trenggalek, ketika memberi masukan kepada salah satu wali murid calon peserta yang akan mendaftar, kemarin. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK- Penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMPN di Kota Keripik Tempe dimulai kemarin (2/7). Tak ayal beberapa SMPN dipenuhi calon peserta yang ingin mendaftar dan melanjutkan pendidikan di sekolah tersebut. Seperti terlihat di SMPN 1 Trenggalek.

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Trenggalek di lokasi, sejak PPDB dibuka sekitar pukul 08.00, terlihat antusias peserta yang ingin mendaftar.  Sebab tahun ini, pendaftaran PPDB seluruh jalur di masing-masing sekolah dibuka serentak.

“Di sekolah kami pada PPDB tahun ini ada empat jalur pendaftaran,” ungkap Kepala SMPN 1 Trenggalek Imam Asrori.

Dia melanjutkan,  empat jalur tersebut meliputi jalur olimpiade sains nasional (OSN) plus menggunakan hasil olimpiade yang dilaksanakan sekolah sebelumnya, jalur prestasi, jalur mitra warga, serta jalur regular menggunakan nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Sehingga calon peserta langsung menunggu loket pendaftaran berdasarkan jalur yang diinginkan.

“Terkait perkembangan pendaftaran khususnya jalur reguler dengan nilai USBN setiap harinya akan terus kami informasikan melalui layar yang disediakan panitia,” katanya.

Sedangkan untuk pagu yang disediakan SMPN 1 Trenggalek berjumlah 320 siswa terdiri atas 10 rombongan belajar.

Jumlah yang diterima tersebut dibagi untuk jalur OSN plus sebanyak 208 siswa, jalur prestasi 13 siswa, mitra warga enam siswa, serta sisanya jalur regular 93 siswa. Jika ada kekurangan pendaftar melalui jalur OSN plus atau mitra warga dan prestasi, akan diambil lewat jalur regular.

“Calon peserta yang mendaftar lewat jalur OSN plus yang sebelumnya mengikuti lomba sains yang kami adakan sudah dipastikan ditermia, jadi menurut pengalaman sebelumnya kemungkinan besar selalu mendaftar sekolah di sini,” ujarnya.

Di lain pihak Kasi Kurikulum Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Trenggalek Janjang Suherlin menjelaskan, pelaksanaan PPDB SMPN telah dikonsep sebelumnya. Sehingga seluruh sekolah tinggal melaksanakan segala ketentuan yang disepakati bersama. Seperti jalur penerimaan, serta harus mengutamakan peserta dari daerah terdekat.

“Petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) terkait PPDB ini telah dibuat dan disepakati, nantinya setelah pendaftaran ditutup pada Kamis (5/7) mendatang hasilnya akan kami evaluasi untuk kebijakan selanjutnya,” jelasnya (jaz/and)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia