alexametrics
Minggu, 05 Jul 2020
radartulungagung
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

PPDB Gelombang Dua Belum Pasti, Beredar Pesan Hoax

03 Juli 2018, 11: 54: 11 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

BELUM DIBUKA : Situs resmi PPDB regular SMAN/ SMKN yang belum bisa diakses, akibat belum adanya keputusan pembukaan gelombang dua

BELUM DIBUKA : Situs resmi PPDB regular SMAN/ SMKN yang belum bisa diakses, akibat belum adanya keputusan pembukaan gelombang dua (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK- Persoalan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMKN/ SMAN tampaknya akan terus berlanjut kendati telah diumumkan pada Jumat (29/6) mulai pukul 00.30 lalu.

Pasalnya, pagu beberapa SMKN/ SMAN khususnya di Kota Keripik Tempe masih belum terpenuhi. Bahkan kemarin (2/7) ada pesan secara berantai di media sosial (medsos) yang menyatakan bahwa SMKN 2 Trenggalek membuka PPDB gelombang dua.

Dalam pesan tersebut tertulis pemberitahuan bagi siswa yang belum diterima atau ada teman yang belum diterima di SMKN/ SMAN negeri bahwa SMKN 2 Trenggalek membuka kembali pendaftaran.

Sedangkan pendaftaran yang dibuka pada jurusan Tata Boga sebanyak 42 siswa, TPTU (AC) lima siswa, dan KGSP (Arsitek&Kayu) 10 siswa. Untuk persyaratan sendiri meliputi foto copy  SKHUN/SKL, foto copy kartu peserta UN, Kartu keluarga (KK) serta foto ukuran 3 tiga kali 4 sebanyak  tiga lembar.

Pendaftaran tersebut ditunggu hingga pukul 08.00, sebab pukul 08.15 seluruh berkas pendaftaran akan disetorkan ke Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jawa Timur (Jatim) wilayah Trenggalek. Padahal belum ada informasi terkait pembukaan kembali PPDB gelombang dua.

“Memang ada pesan semacam itu yang disebarkan oleh pihak yang tak bertanggung jawab, dan kami pastikan bahwa berita itu tidak benar alias hoax,” ungkap Ketua PPDB SMKN 2 Trenggalek Ranu Widodo.

Dia melanjutkan, memang pada penutupan PPDB regular, ada jurusan di SMKN 2 Trenggalek yang pagu tidak terpenuhi.

Namun terkait pembukaan pendaftaran kembali untuk memenuhi pagu pada jurusan tersebut belum dilakukan, mengingat belum ada kebijakan khusus terkait hal tersebut.

“Jika ada kebijakan pembukaan pendaftaran PPDB kembali dari Dispendik pastinya akan kami buka, sehingga untuk siswa yang diterima di sekolah ini masih seperti pengumuman PPDB pada Jumat lalu,” tuturnya.

Senada juga diungkapkan Kasi PMA, PMK, dan PKLK Cabang Dispendik Provinsi Jatim wilayah Trenggalek Riris Etikasari. Dia menambahkan, setelah mendapat kabar terkait informasi tersebut cabang dispendik langsung mengklarifikasi kepada pihak sekolah bersangkutan.

Hasilnya, sekolah yang dimaksud tidak menyebarkan kabar tersebut. Sedangkan terkait kabar ada tidaknya pembukaan PPDB gelombang kedua, belum bisa dipastikan. Sebab rapat pembahasan akan hasil PPDB baru direncanakan akan berlangsung hari ini (4/7).

“Untuk pembukaan PPDB gelombang kedua kami masih menunggu keputusan dari dispendik setelah rapat pembahasan yang direncanakan besok (hari ini-red),” jelasnya. (jaz/tri)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia