alexametrics
Rabu, 15 Jul 2020
radartulungagung
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

SMPN Pinggiran Kota Tak Penuhi Pagu

05 Juli 2018, 12: 03: 16 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

MENUNGGU: Hari terakhir PPDB jalur zonasi kemarin (4/7), masih ada sekolah tak penuhi pagu, termasuk SMPN 5 Tulungagung.

MENUNGGU: Hari terakhir PPDB jalur zonasi kemarin (4/7), masih ada sekolah tak penuhi pagu, termasuk SMPN 5 Tulungagung. (AGUS DWIYONO/ RATU)

TULUNGAGUNG -  Jadwal pendaftaran peserta didik baru (PPDB) lewat jalur zonasi di Kota Marmer berakhir kemarin (4/7). Namun, beberapa sekolah di Kecamatan Tulungagung tak bisa memenuhi pagu, termasuk SMPN 5 Tulungagung.

Di sekolah pinggiran kota itu, sekitar pukul 09.45 hanya kedatangan beberapa pendaftar. “Sampai hari ketiga atau hari terakhir pendaftaran jalur zonasi, sekolah kami belum memenuhi pagu,” jelas Kepala SMPN 5 Tulungagung Suyatno.

Dia mengaku,letak sekolahberadadi pinggirankotadiperkirakan jadi penyebab tak terpenuhinya pagu. Dari pagu320 siswa, hingga pukul 11.00kemarin dapat 210siswa.

“Dulu juga pagu belum tidak terpenuhi. Semoga nanti ada perkembangan terus,” jelasnya.

Dia menambahkan, sudah berkoordinasi dengan sekolah lain yang memenuhi pagu untuk segera menginformasikan kepada pendaftar  tidak lolos.

Hal senada diungkapkan panitia PPDBSMPN6 Tulungagung Priyono, hingga batas akhir pendaftaran belum bisa memenuhi pagu352 siswa.

“Pendaftar sekitar 220 siswa,” jelasnya.

Dia memprediksi, hari terakhir pendaftaran peminat meningkat karena SMPN yang kelebihan pendaftar sudah memberitahu kepada siswa yang tak lolos. Sehingga ada kesempatan untuk mendaftar di sekolahnya.

“Pukul 14.00 batas terakhir bagi calon siswa yang mencabut berkas dari sekolah lain bisa langsung daftar, tapi tetap saja sepi pendaftar,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Kesiswaan SMPN 3 Tulungagung Achmad Shaiku mengatakan, hari terakhir pendaftaran jalur zonasi sudah memenuhi pagu. “Pendaftar 389 siswa, pagu 320 siswa,” ungkapnya.

Dia mengaku, sekitar pukul 11.00 sudah memberitahu kepada pendaftar belum lolos. Agar mereka segera mencabut berkas dan daftar ke sekolah lain.

“Jarak terjauh hingga sekitar 3.600 meter, lebih dari itu sudah kami lakukan pengumuman lewat kontak siswa yang ada, sudah kami hubungi keseluruhan pagi tadi (kemarin, Red),” jelasnya.

Sementara itu, selain SMPN 3 Tulungagung, beberapa sekolah lain sudah memenuhi pagu. Seperti SMPN 1 Tulungagung, pendaftar diterima dengan jarak terjau 1.600 meter, dari 340 pendaftar yang diterima 246 siswa; jalur prestasi pendaftar 65, yang diterima 18 siswa; dan jalur kemaslahatan, pendaftar 110 diterima 35 siswa.

Untuk SMPN 2 Tulungagung, pendaftar yang diterima berjarak kurang dari 2.000 meter, dengan jumlah pendaftar 472 siswa; jalur zonasi 350 pendaftar, yang diterima 202 siswa; jalur prestasi 54 pendaftar, yang diterima 15 siswa; serta jalur kemaslahatan 68 pendaftar, yang diterima 28 siswa. (yon/ed/din)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia