Sabtu, 22 Sep 2018
radartulungagung
icon featured
Ekonomi

BRI Cabang Trenggalek Serahkan CSR Bantuan Rumah Produksi

Jumat, 31 Aug 2018 15:00 | editor : Anggi Septian Andika Putra

SIAP BERSAING : Pimpinan Cabang BRI Trenggalek, Rahmat B. Sulistya saat memotong pita rumah produksi program Desa Migran Kreatif

SIAP BERSAING : Pimpinan Cabang BRI Trenggalek, Rahmat B. Sulistya saat memotong pita rumah produksi program Desa Migran Kreatif (BRI KANCA TRENGGALEK FOR RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK – Satu lagi wujud peduli dari BRI Cabang Trenggalek untuk masyarakat Trenggalek. Yaitu penyerahan bantuan rumah produksi Program Desa Migram Kreatif di Dusun Kasihan, Desa/Kecamatan Dongko, senilai Rp 70,5 juta yang merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Trenggalek.

Pimpinan Cabang BRI Trenggalek Rahmat B. Sulistya menjelaskan, CSR BRI kali ini menangkap program unggulan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek yaitu Program Desa Migran Produktif (Desmigratif).

Dengan adanya rumah produksi ini, diharapkan menjadi rumah bagi para mantan tenaga kerja migran (TKM), sebagai wadah dari kegiatan produksi mereka.

BRI PEDULI : Pimpinan Cabang BRI Trenggalek menyerahkan bantuan CSR Rumah Produksi kepada Kades Dongko didampingi para pekerja BRI dan Muspika Dongko

BRI PEDULI : Pimpinan Cabang BRI Trenggalek menyerahkan bantuan CSR Rumah Produksi kepada Kades Dongko didampingi para pekerja BRI dan Muspika Dongko (BRI KANCA TRENGGALEK FOR RADAR TRENGGALEK)

“Kami serahkan sepenuhnya bantuan CSR dari BRI ini. Kami berharap ini bisa menjadi rumah para tenaga kerja migran untuk berproduksi, juga sebagai pusat informasi bagi warga yang ingin ke luar negeri. Tentang apa saja prosedurnya, tentang keahlian yang harus dimiliki dan sebagainya,” kata Rahmat.

Rumah produksi ini bisa dimanfaatkan juga untuk berkreasi di kegaitan positif lainnya. Misalnya tempat berkumpul atau rapat karang taruna atau rapat BUMDes. “Monggo ini Pak Lurah dan warga yang ngopeni (menjaga). Sekaligus juga saling bersinergi, memberikan informasi untuk pemanfaatan produk-produk dari BRI, untuk pengiriman uang dari pekerja migran, maupun kelangsungan usaha,” tambah Rahmat.

Penyerahan kemarin secara simbolis lewat pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng. Muspika dan perwakilan masyarakat Kecamatan Dongko turut hadir. Pemerintah kecamatan dan pemerintah desa menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diterima.

“Ini akan saya kelola dengan warga kami. Mudah-mudahan atas bantuan dari BRI ini akan bermanfaat untuk pemberdayaan ekonomi khususnya warga desa kami. Sekarang sudah ada contoh dari produksi warga para mantan tenaga migran. Mulai dari anyaman bambu, aneka olahan makanan, dan kerajinan lainnya. Kami sudah punya tempat untuk menunjang produksi, tinggal kemauan yang harus terus dipupuk dan ditingkatkan,” ucap Marni, kepala Desa Dongko. (tin)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia