Sabtu, 22 Sep 2018
radartulungagung
icon featured
Ekonomi

Tak Terpengaruh Dolar Amerika

Jumat, 07 Sep 2018 11:00 | editor : Anggi Septian Andika Putra

Tak Terpengaruh Dolar Amerika

TULUNGAGUNG – Terkoreksinya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika ternyata tak begitu berpengaruh pada sejumlah money changer di Kota Marmer. Hingga kemarin (6/9), animo masyarakat untuk menukarkan mata uang asing cenderung biasa saja. Bahkan dalam sehari, maksimal hanya ada 8 hingga 9 orang yang menukarkan uang.

Eko Priyono, salah satu pemilik money changer di Desa Plosokandang, Kecamatan Kedungwaru mengatakan, anjloknya nilai mata uang Indonesia terhadap dolar Amerika sebenarnya tidak terlalu berpengaruh di kota kecil. Mengingat tidak banyak yang memiliki tabungan dalam bentuk dolar.

“Kalau di kota kecil seperti Tulungagung tidak begitu terasa dampaknya. Berbeda dengan di kota besar yang warganya banyak memiliki mata uang asing,” katanya saat ditemui di kediamannya.

Eko -sapaan akrabnya- mengaku jika yang direpotkan dengan kondisi ini adalah para pemilik money changer. Apalagi mereka harus cermat mengalkulasi kurs jual maupun beli dengan memperhatikan perkembangan di luar sana. Ada gejolak sedikit saja tentu bisa berpengaruh pada omzet yang didapat itu sendiri.

“Apalagi pergerakan nilai tukar selalu dipengaruhi banyak hal, khususnya kondisi sosial politik maupun ekonomi di negara lain,” jelasnya.

Pria ramah ini melanjutkan, selama ini yang sering menukarkan uang adalah para mantan TKI/TKW yang baru pulang dari luar negeri. Namun, penukaran ini memang untuk memenuhi kebutuhkan mereka sehari-hari saat di kampung halaman.

“Kebanyakan yang dimiliki memang mata uang dari negara kawasan Asia. Untuk dolar Amerika hanya sedikit yang ditukarkan ke sini,” tuturnya.

Hal itu dibenarkan oleh pegawai money changer itu sendiri. Yang terbanyak memang mata uang dari kawasan Asia, khususnya Asia Tenggara. Hingga kemarin, belum terlihat ada yang menukarkan dolar Amerika ke situ.

“Baru saja ada yang menukarkan Baht Thailand,” ungkapnya. (rka/ed/din)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia