Minggu, 26 May 2019
radartulungagung
icon featured
Pendidikan

Satu SMK di Tulungagung Dapat Program BULD

07 September 2018, 11: 30: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

MASIH MENUNGGU: Bangunan utama SMKN 3 Boyolangu dilihat dari halaman depan.

MASIH MENUNGGU: Bangunan utama SMKN 3 Boyolangu dilihat dari halaman depan. (DHARAKA R. PERDANA/RATU)

TULUNGAGUNG – Satu SMK di Kota Marmer tampaknya bisa tersenyum di semester kedua 2018 ini. Sebab, dari Dinas Pendidikan Jawa Timur (Jatim) bakal mengucurkan dana sebesar Rp 19,2 miliar untuk mendorong program Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SMK. Dana ini bersumber dari APBD perubahan (APBD-P) Jatim 2018.

“Sepengetahuan kami hanya satu SMK di kabupaten ini yang mendapatkan program BLUD,” kata Kasi Pembinaan SMA, SMK, dan SLB Subagyo kemarin (6/9).

Menurut dia, sekolah yang dimaksud adalah SMKN 3 Boyolangu. Pihaknya juga mendengar jika bakal ada program dari provinsi yang dikucurkan. Namun untuk apa anggaran yang bakal didapat, diserahkan sepenuhnya pada sekolah bersangkutan.

GRAFIS DANA BLUD SMKN

GRAFIS DANA BLUD SMKN (HENDRA NOVIAS/RATU)

“Untuk penggunaannya diserahkan sepenuhnya pada pihak sekolah,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala SMKN 3 Boyolangu Muhammad Anurul Hamzah mengaku memang pernah diminta untuk mengajukan proposal ke provinsi terkait rencana pembentukan BLUD SMK. Namun, sampai kini belum mengetahui secara pasti apakah dana dari Surabaya sudah turun atau belum. Mengingat dirinya masih menunaikan ibadah haji.

“Saya kurang mengetahui perkembangannya seperti apa karena belum aktif di sekolah,” katanya melalui pesan singkat via Whatsapp.

Sekadar diketahui, pada pembahasan APBD-P 2018 Jatim, ada rencana untuk menggelontorkan dana Rp 19,2 miliar untuk 20 SMK se-Jawa Timur. Ini untuk menyokong rencana pembentukan BLUD bagi SMK bersangkutan.

Sehingga mereka harus mengejar target pendapatan dan keuntungan dari usaha itu. (rka/ed/din)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia