Minggu, 08 Dec 2019
radartulungagung
icon featured
Trenggalek

Terminal Colt Dipindah ke Jalan Dewi Sartika

07 September 2018, 14: 00: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

UNTUK PARKIR : Bahu jalan di area Jalan Dewi Sartika Trenggalek yang nantinya digunakan terminal colt sementara.

UNTUK PARKIR : Bahu jalan di area Jalan Dewi Sartika Trenggalek yang nantinya digunakan terminal colt sementara. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK - Sejumlah sopir mobil penumpang umum (MPU) yang biasanya mangkal di terminal colt Trenggalek harus bersedia mengalah untuk sementara waktu. Ini terkait lokasi terminal yang biasanya mereka gunakan mangkal, bakal dijadikan tempat relokasi para pedagang Pasar Pon yang terbakar Sabtu (25/8).

Berdasarkan informasi yang didapat Jawa Pos Radar Trenggalek, nantinya jika lapak relokasi telah dibangun, fungsi terminal colt itu untuk sementara akan dipindah ke area pertokoan yang ada di Jalan Dewi Sartika. Lokasi tersebut dinilai tepat karena selain lokasinya yang cukup lebar, merupakan jalur searah ke barat dan tidak jauh dari terminal colt. Sehingga para sopir MPU tidak akan kehilangan penumpangnya dan tidak perlu memutar untuk berjalan.

“Kami sudah dengan wacana itu jika terminal akan dipindah. Namun belum ada sosialisasi maupun pembahasan,” ungkap salah satu sopir MPU trayek Trenggalek-Pule, Sutrimo.

Dia melanjutkan jika hal itu merupakan kebijakan dari pemerintah. Langkah terbaik para sopir akan menerimanya, asalkan diberi pemahaman terlebih dahulu. Selain itu, jika diperbolehkan memberi usulan, para sopir berharap untuk lokasi pemberhentian MPU diberi semacam tenda untuk berteduh. Sehingga ketika parkir dan menunggu penumpang, sopir dan penumpang yang sudah ada dalam mobil tak merasa terlalu kepanasan.

“Istilahnya pada tempat parkir MPU ada iyup-iyupnya agar bisa kami gunakan untuk berteduh baik dari panas maupun hujan,” imbuhnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Trenggalek Agus Dwi Karyanto mengatakan, memang ada rencana untuk pemindahan lokasi terminal colt di sekitar pertokoan Jalan Dewi Sartika. Itu diperkirakan akan mulai dilakukan ketika seluruh terminal colt telah dibangun lapak untuk relokasi pedagang. Sekitar satu bulan mendatang.

“Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan kajian di lokasi yang nantinya akan difungsikan sebagai terminal colt sementara itu. Selambat-lambatnya ketika pembangunan lapak telah mencapai 80 persen,” katanya.

Direncanakan, MPU itu akan parkir di bahu jalan seperti kendaraan roda empat pada umumnya. Namun perbedaannya, di lokasi parkir tersebut akan diberi tanda-tanda. Semacam tulisan tentang trayek MPU tersebut. Sehingga nantinya calon penumpang tidak akan kebingungan memilih MPU yang akan dinaiki berdasarkan tujuannya.

“Sebelum difungsikan, kami akan membangun semacam pos bagi petugas. Kendati terminal sementara, mereka juga harus membayar retribusi untuk pendapatan asli daerah (PAD),” jelasnya. (jaz/ed/tri)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia