Sabtu, 22 Sep 2018
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Tulungagung Dijatah 500 Kursi CPNS

Sabtu, 08 Sep 2018 14:00 | editor : Anggi Septian Andika Putra

GRAFIS SEPUTAR CPNS DI TULUNGAGUNG

GRAFIS SEPUTAR CPNS DI TULUNGAGUNG (HENDRA NOVIAS/RATU)

TULUNGAGUNG - Informasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini di tingkat pusat maupun daerah sudah ada kejelasan. Hal tersebut disampaikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). Meski demikian, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tulungagung belum detail menerima formasi apa saja yang nanti bakal dibuka.

“Nanti apakah bidang kesehatan, pendidikan, atau bidang lain, di formasi CPNS masih belum mengetahui. Informasi dari pusat sudah turun, tapi belum detail. Pasalnya, kini masih diambil provinsi,” ungkap Kepala BKD Tulungagung Arief Budiono kemarin (7/9).

Dia membeberkan kebutuhan pegawai yang diambilkan dari seleksi CPNS di lingkup Pemkab Tulungagung, sekitar 500 orang. Jumlah itu disesuaikan dengan batas usia pensiun (BUP) 2018.

“Disesuaikan dengan BUP tahun ini untuk kuota CPNS,” katanya saat dikonfirmasi melalui telepon seluler.

Sistem seleksi CPNS tahun ini kemungkinan lebih ketat. Indikasinya, hanya ada satu ”jalan” yakni melalui tes resmi yang digelar pemerintah pusat. Terkait proses pendaftaran pun, pemerintah sudah membuat website resmi. Tes yang dimaksud tidak hanya seleksi administrasi. Ada seleksi lain, di antaranya seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Selain itu, ada penggolongan. Misalnya untuk umum yakni usia 18-35 tahun, cum laude, atau pun untuk honorer golongan K2.

“Honorer K2 di Tulungagung sekitar 53 orang,” jelasnya.

Dia menambahkan, masyarakat diminta lebih berhati-hati ketika ada oknum yang menjanjikan bisa menjamin diterima menjadi PNS. Terlebih dengan membayar imbalan uang dengan jumlah tertentu. (wen/ed/din)

     

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia