Selasa, 18 Dec 2018
radartulungagung
icon featured
Pendidikan

Ingin Dapat 200 Guru SD

18 September 2018, 12: 30: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

GRAFIS KEINGINAN DISPENDIKPORA

GRAFIS KEINGINAN DISPENDIKPORA (HENDRA NOVIAS/RATU)

TULUNGAGUNG – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispendikpora) Tulungagung berharap banyak pada pengadaan CPNS tahun ini. Bahkan mereka tampaknya mengamini apa yang dilontarkan kalangan wakil rakyat, jika perlu ada penambahan guru berstatus PNS di sekolah dasar (SD). Apalagi kini mayoritas diisi oleh guru tidak tetap (GTT) untuk menutupi kekurangan sekitar 600 guru.

“Yang pasti kami sangat berharap pada pengadaan CPNS tahun ini,” kata Sekretaris Dispendikpora Tulungagung Haryo Dewanto Wicaksono kemarin (17/9).

Menurut dia, sampai kini instansi yang berada di Jalan Ki Mangunsarkoro ini, mengalami kekurangan guru berstatus PNS sekitar 600 orang yang tersebar di seluruh SD yang berada dalam pengelolaan dinas. Dengan begitu semua harus ditutupi dengan GTT untuk menambal kekurangan.

“Kekurangan terus terjadi karena saat banyak yang pensiun, tetapi belum ada pengadaan lagi dalam rentang waktu lumayan lama,” jelasnya.

Yoyok, sapaan akrabnya, menyadari jika alokasi yang diterima dari pemerintah pusat memang hanya 546 kursi dan harus dibagi ke beberapa sektor. Kendati demikian, dispendikpora ingin alokasi guru SD bisa sekitar 200 kursi yang diberikan. Paling tidak ini bisa memenuhi kekurangan, meskipun belum semuanya tertutupi.

“Kami realistis saja, yang terpenting tetap mendapat alokasi. Kalau bisa memang 200 kursi diperuntukkan bagi guru SD,” tuturnya.

Disinggung untuk guru jenjang SMP, pria paro baya ini mengakui jumlahnya masih aman. Sehingga tidak terlampau mengkhawatirkan seperti halnya guru SD yang jumlahnya terus menipis.

“Semoga saja itu bisa terealisasi,” ujarnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tulungagung Arief Boediono menjawab singkat. Yakni masih ada perubahan terkait usulan ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB).

“Bakal ada perubahan terkait usulan,” tuturnya singkat melalui pesan elektronik.

Seperti diberitakan sebelumnya, meskipun belum ada kabar mengenai kuota penyebaran formasi PNS, tampaknya dunia kependidikan bakal mendapat porsi lebih pada pengadaan CPNS tahun ini.

Tak terkecuali untuk guru SD yang setiap tahun banyak yang pensiun. Sedangkan, guru mata pelajaran (mapel) bisa saja tetap mendapat, namun jumlahnya diperkirakan tak banyak.(rka/din)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia