Minggu, 21 Oct 2018
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Pengembangan Kapasitas Usaha Klasterisasi Kelompok Usaha Ternak Unggas

Jumat, 21 Sep 2018 14:30 | editor : Anggi Septian Andika Putra

OPTIMIS: Dari kiri, Lurah Ratih Kumala Sari, Camat Sutikno, Motivator Gigih Krisyanto, dan Pimpinan Cabang PNM Tulungagung Mizan Saroni, berdiskusi dengan pengusaha unggas.

OPTIMIS: Dari kiri, Lurah Ratih Kumala Sari, Camat Sutikno, Motivator Gigih Krisyanto, dan Pimpinan Cabang PNM Tulungagung Mizan Saroni, berdiskusi dengan pengusaha unggas. (Yahya For RATU)

BLITAR - Pada Kamis (20/8), warga Desa Wonodadi, Blitar, menggelar rapat dengan anggota Permodalan Nasional Madani (PNM), camat, dan lurah Wonodadi, Blitar. Yakni membahas pengelompokan usaha ternak unggas yang dijalankan masyarakat Wonodadi. Selain itu, juga berkaitan dengan pelatihan dan pendampingan nasabah Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) cabang Tulungagung.

Pelatihan dan pendampingan itu bertujuan untuk peningkatan kemampuan manajemen usaha. Baik yang didapat dari para narasumber, maupun saling tukar pengalaman dan umpan balik sesama peserta. Tujuan lain, pengembangan pasar sehingga keberadaan kelompok tersebut dapat dimanfaatkan sebagai jejaring pemasaran sesama UMK yang profesional, inovatif, dan berdaya saing tinggi.

Itu juga salah satu kegiatan customer retention, berupa pengembangan loyalitas nasabah ULaMM. Yakni dengan pola pembinaan melalui pendidikan dan pelatihan, sarana penambahan nasabah baru, dan top up berkualitas. Selain itu, memasyarakatkan brand image PNM. Yakni sebagai BUMN yang memiliki uniqueness tersendiri dalam menjalin kemitraan terhadap nasabah ULaMM. Dan sebagai row model program pengembangan kelompok pengusaha mikro yang mandiri dan berkesinambungan.

SEMANGAT: Para anggota PNM beserta tamu undangan dan pengusaha unggas foto bersama.

SEMANGAT: Para anggota PNM beserta tamu undangan dan pengusaha unggas foto bersama. (Yahya For RATU)

PT PNM (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). PNM bergerak di bidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan, dan jasa manajemen kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan. Yakni ULaMM yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang disertai dengan program pengembangan kapasitas usaha (PKU). Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan, serta jasa manajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah. Program itu menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaga pembiayaan lainnya.

Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro.

Kini, PNM memiliki 2.464 kantor layanan. Terdiri atas 64 kantor cabang PNM, 630 kantor layanan ULaMM, dan 1.770 kantor cabang Mekaar.

Informasi lebih lanjut, bisa menghubungi Kepala Bagian Komunikasi Perusahaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero), YR Wijayandaru. yrwijayandaru0329@pnm.co.id, www.pnm.co.id.

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia