Selasa, 18 Dec 2018
radartulungagung
icon featured
Hukum & Kriminal

Polisi Kantongi Pelaku Perusakan Di Desa Suruhan Lor

11 Oktober 2018, 13: 00: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Grafis perkembangan bentrokan kelompok pemuda

Grafis perkembangan bentrokan kelompok pemuda (HENDRA NOVIAS/RATU)

TULUNGAGUNG - Nama pelaku perusakan rumah warga maupun sepeda motor di Desa Suruhan Lor, Kecamatan Bandung, Minggu (7/10) lalu, sudah dikantongi Polres Tulungagung. Itu berdasarkan hasil pemeriksaan sejumlah saksi setelah peristiwa yang membuat resah warga sekitar tersebut.

Meski demikian, polisi akan terus memanggil saksi untuk melengkapi bukti-bukti dalam mengusut tuntas bentrokan yang melibatkan antarpemuda tersebut.

“Sudah minta keterangan dari beberapa saksi. Termasuk unsur masyarakat, anggota kelompok pemuda, serta korban. Total saksi diperiksa sekitar dua puluh orang,” terang Wakapolres Tulungagung Kompol Andik Gunawan kemarin (10/10).

“Tidakmenutup kemungkinan, penyelenggarakegiatan kelompok pemudayang terlibat bentrokan akan ikut diperiksa,” imbuhnya.

Dari hasil sementara pemeriksaan terhadap para saksi, pihak kepolisian belum berani membeberkan berapa jumlah pelaku yang bakalan diamankan. Namun dipastikan polres sudah menyebar untuk mencari keberadaan para pelaku.

Dia menjelaskan, kejadian serupa sering terjadi di kawasan selatan Kota Marmer. Bahkan pihak-pihak terkait yang tergabung dalam kelompok pemuda sering dipertemukan untuk membahas pemasalahan itu. “Belum ada solusi jitu agar peristiwa tak terulang,” ungkapnya.

Menurut dia, polisi juga sudah melakukan konsolidasi dengan pihak-pihak terkait seperti melibatkan pemerintahan, kodim 0807, IPSI, dan warga.

Kenapa setiap ada bentrokan selalu berada di wilayah selatan? Pria ramah itu menjelaskan, memang wilayah selatan menjadi akses yang sering dilewati atau jalan alternatif penghubung antara dua kabupaten. “Wilayah sana itu persimpangan. Jadi sering dilewati untuk menuju wilayah tertentu di kawasan selatan,” jelasnya.

Sementara itu, kemarin sekitar pukul 11.00, Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran (Karo Rena) Polda Jawa Timur Kombespol Ahmad Yani, menjenguk salah satu korban bentrokan kelompok pemuda beberapa waktu lalu yang dirawat di ruang cempaka nomor IV RSUD dr Iskak.

Saat menjenguk Eka Andi, 31, warga Desa Suruhan Lor, Kecamatan Bandung, Kombespol Ahmad Yani didampingi Waka Polres Tulungagung Kompol Andik Gunawan, beserta satu anggota kepolisian.

Tampak Kombespol Ahmad Yani berbincang-bincang dengan Eka Andi dan keluarganya yang kebetulan berada di ruang perawatan. Jelang beberapa waktu, rombongan berpamitan kepada keluarga korban dan langsung meninggalkan ruang perawatan.

Kombespol Ahmad Yani saat ditemui awak media enggan menyampaikan maksud dan tujuan ke rumah sakit.

Dia mempersilakan wartawan bertanya langsung kepada Humas Polres Tulungagung. (yon/ed/din)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia