Minggu, 21 Oct 2018
radartulungagung
icon featured
Hukum & Kriminal

Bantuan Kerusakan Rumah Lewat Pemerintahan Kecamatan

Jumat, 12 Oct 2018 14:00 | editor : Anggi Septian Andika Putra

Grafis seputar konflik di Bandung

Grafis seputar konflik di Bandung (HENDRA NOVIAS/RATU)

TULUNGAGUNG - Bantuan terhadap warga Desa Suruhan Lor, Kecamatan Bandung, yang rumahnya rusak akibat bentrokan pemuda pada Minggu (11/10) lalu segera terwujud. Hal itu diungkapkan Plt Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, usai acara tasyakuran haji di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bangsa, kemarin (11/10).

Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan instansi terkait mengenai bantuan itu. Yakni untuk rumah warga dan satu masjid. Bantuan itu bakal diberikan melalui pemerintahan kecamatan.

“Termasuk kerusakan ringan. Kaca pecah dan lainnya,” katanya.

Bagaimana dengan motor yang dibakar? Maryoto belum memastikan terkait bantuan untuk hal itu. Sebab, terdapat unsur kriminalitas dalam pembakaran dan perusakan motor. Namun, dia mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga situasi aman.

“Ayolah kita jaga,” pintanya.

Bentrok antarpemuda di kawasan Bandung itu juga mendapat perhatian Ketua DPRD Tulungagung Supriyono. Menurut dia, peristiwa yang meresahkan warga tidak perlu terjadi. Sebab, pemerintah kabupaten (pemkab) secara formal sudah berulang kali membicarakan, memediasi, untuk menyelesaikan konflik atau pun perilaku seperti itu.

“Sudah sering (mediasi selesaikan konflik, Red). Bahkan juga melibatkan stakeholder terkait dan lainnya,” katanya.

Dia melanjutkan, secara teori, permasalahan itu tidak sulit diselesaikan. Sebab, masyarakatnya terorganisasi. Artinya, ada pimpinan organisasinya. Bahkan pimpinan itu merupakan orang-orang yang punya kharisma dan merupakan tokoh panutan.

Seperti diberitakan, bentrok kelompok pemuda kembali pecah di kawasan selatan Kota Marmer ini. Suasana tenang di Desa Suruhan Lor, Kecamatan Bandung, tiba-tiba terusik dengan serangan kelompok pemuda. Akibat aksi brutal pada Minggu (7/10) sekitar pukul 02.30 tersebut, dua orang terluka. Puluhan rumah warga dan satu musala rusak terkena lemparan batu. (wen/ed/din)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia