Senin, 09 Dec 2019
radartulungagung
icon featured
Features

Mochamad Fajar Prasetyo, Ciptakan Lagu Siar Ekonomi Islam Bergenre Rap

30 Oktober 2018, 11: 38: 24 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

TAMPAN: Mochamad Fajar Prasetyo berpose di salah satu lokasi ketika ikut sebuah event. Dia mencipta lagu ekonomi syariah dengan genre rap.

TAMPAN: Mochamad Fajar Prasetyo berpose di salah satu lokasi ketika ikut sebuah event. Dia mencipta lagu ekonomi syariah dengan genre rap. (Mochamad Fajar Prasetyo For RATU)

Seorang breakdancer atau pemain breakdance, tak hanya bisa menari. Beberapa di antara mereka, ada yang terampil mencipta lagu. Salah satunya Mochamad Fajar Prasetyo. Warga Kelurahan Jepun, Kecamatan Tulungagung itu, berhasil menjadi juara III lomba cipta lagu Islam dalam event Jambore Ekonomi Syariah (JES) Internasional 2018.

WHENDY GIGIH PERKASA

Tak pernah terbayang dalam benak Mochamad Fajar Prasetyo, meraih juara dalam event JES Internasional 2018. Meski itu bukanlah juara pertama, tetapi ketiga. Bagi dia, hal tersebut cukup bermanfaat sebagai suntikan motivasi. Yakni untuk terus berkarya.

Dalam event itu, Pras-sapaan akrab- Mochamad Fajar Prasetyo, ikut lomba cipta lagu. Uniknya, dia membuat lagu tentang ekonomi syariah Islam. Bukan hanya itu, lagu dibuat semenarik mungkin. Salah satunya mengaplikasi genre rap.

Ketika wawancara pada Minggu (28/10), Pras membuat lagu berjudul Eksyar (Ekonomi Syariah) Muda Indonesia. Yakni bertema ekonomi Islam berjaya. Dia pun memilih mengaplikasikan rap untuk lagu itu, agar lebih dikenal terutama anak muda.

“Saya membuat lagu itu, sekitar tiga minggu,” ungkapnya.

Pria berusia 22 tahun itu mengatakan, selama proses pembuatan, tidak ada hambatan besar. Sebab, semua dilakukan berdasar keinginan dan hobi. Meski demikian, sempat kesulitan ketika mementukan beat atau instrument yang tepat untuk lagu.

Beruntung, Pras memiliki teman yang bisa membantunya. Yakni Tegar dan Miko. Lagu itu juga yang membuat Pras meraih juara III cipta lagu Islami dalam event Jambore Ekonomi Syariah Internasional 2018. Lomba digelar di UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, pada 26-29 September lalu. Dalam event itu ada empat peserta dari negara lain. Di antaranya Gambia, Thailand, Malaysia, dan Singapore.  

Dia sempat grogi ketika tampil di hadapan orang banyak. Sebab, biasanya menunjukkan kemampuan dalam breakdance, tapi saat itu menyanyi rap. Sontak tak sedikit yang menilai suaranya pas-pasan. Namun dibalik itu, rekan-rekannya menilai lirik lagu yang membuat hati tersentuh. Dia pun tetap kuat dan bersungguh-sungguh.

“Saya tidak mencari juara, tapi ingin bersyiar ekonomi syariah melalui karya lagu rap,” ujar mahasiswa di salah satu kampus negeri di Tulungagung itu.

Menurut dia, hasil memuaskan yang diraihnya dari event JES Internasional 2018 itu tak lepas dari kecintaannya terhadap hip-hop. Salah satu bagian dari hip-hop yakni rap. Karena itulah, memilih membuat lagu genre rap, agar mudah dikenal dan disuka kalangan muda. Selain itu, memberi pengetahuan dan mengajak pemuda untuk membumikan ekonomi Islam di Indonesia.

Dia menceritakan, mengenal breakdance yang merupakan salah satu elemen hip hop, dari rekannya satu bangku saat duduk di bangku SMK. Selanjutnya bergabung dalam komunitas breakdance Tulungagung. Yakni RoosterCrew, diketuai Mas Yeyen.

Untuk kedepannya, dia berharap karyanya bisa diterima masyarakat.

“Itu sesuai moto hidup, yakni bermanfaat bagi diri saya, orang lain, dan negara untuk kemanusiaan,” jelasnya.

Selain meraih juara cipta lagu, dia juga mendapat prestasi lain yang tak kalah membanggakan. Di antaranya juara 2 Bboy Battle di event Bboy day out I Malang tingkat SMA se-Jatim, juara 2 Bboy Battle event Bboy Day Out II Malang tingkat SMA se-Jatim, juara 1 Bboy Battle event Cypher X Wood Hand Kediri tingkat se-karasidenan Kediri, juara 2 Allstlye Battle event Wani Battle se-Tulungagung, juara 2 Bboy Battle di event launcing motor Yamaha Justomi Tulungagung se-Karasidenan Kediri, dan lain sebagainya.

(rt/whe/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia