Selasa, 17 Sep 2019
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Orang Tua Sering Abaikan Keselamatan Anak

31 Oktober 2018, 13: 30: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

PILIH MANA?: Beberapa pengendara sepeda motor di Jalan Ahmad Yani timur ada yang memakaikan helm pada anaknya dan tidak, kemarin (30/10).

PILIH MANA?: Beberapa pengendara sepeda motor di Jalan Ahmad Yani timur ada yang memakaikan helm pada anaknya dan tidak, kemarin (30/10). (DHARAKA R. PERDANA/RATU)

TULUNGAGUNG – Perhatian orang tua terhadap keselamatan anaknya ternyata masih minim. Ini terlihat di sejumlah jalan protokol di wilayah perkotaan kemarin (30/10). Banyak orang tua yang membonceng buah hatinya tanpa mengenakan helm. Padahal ini merupakan salah satu bentuk pengamanan kepada anak kesayangannya itu.

Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP Wisnu Setiawan Kuncoro mengatakan, seharusnya hal tersebut bisa diperhatikan dengan saksama oleh orang tua. Meskipun si anak hanya membonceng, harus tetap diberi helm pengaman sebagaimana orang dewasa pada umumnya.

“Seharusnya tetap diberi helm sebagai cara meminimalkan kecelakaan,” katanya.

Menurut dia, helm memang tidak 100 persen menjamin keselamatan si anak. Semua tetap kembali ke pengendara kendaraan bermotor bersangkutan. Jika tetap waspada saat berkendara, tentu potensi kecelakaan bisa ditekan seminimal mungkin dan tidak sampai terjadi.

Polisi berpangkat tiga balok di pundak ini melanjutkan, budaya menggunakan helm untuk anak memang harus terus diingat masyarakat. Namun mereka biasanya baru tergerak menggunakan jika di saat bersamaan ada operasi lalu lintas. Jika hal tersebut sudah berlalu, kebiasaan itu malah ditanggalkan lagi.

“Semua wajib mematuhi peraturan lalu lintas jika ingin selamat saat berkendara,” tegasnya.

Wisnu -sapaan akrabnya- mengakui, kini sedang ada Operasi Zebra Semeru 2018. Yang ditekankan adalah menertibkan pengendara kendaraan bermotor di jalan raya agar mematuhi setiap peraturan yang ada.

“Jika kedapatan melanggar, akan ditilang sesuai peraturan yang ada,” tandasnya. (rka/ed/din)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia