alexametrics
Minggu, 24 Oct 2021
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Begini Cara Tampil Cantik dengan Make-Up Effortless

04 November 2018, 09: 13: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

NATURAL: Mila Adiina Shoffana dengan riasan make-up effortless yang membuat wajah lebih glowing.

NATURAL: Mila Adiina Shoffana dengan riasan make-up effortless yang membuat wajah lebih glowing. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

Ada banyak gaya make-up untuk melengkapi hari bahagia seperti pernikahan. Baru-baru ini, gaya make-up Maia Estianty saat menikah menjadi perbincangan hangat. Make-up Effortless menjadi pilihan Maia untuk tampil menawan di hari bahagianya. Seperti apakah make-up effortless? Simak tipsnya.

Tampil cantik nan anggun saat hari pernikahan tentu menjadi dambaan setiap wanita. Beragam pilihan gaya make-up pun bermunculan. Salah satunya make-up effortless. Make-up yang mengutamakan tampilan natural ini tengah digandrungi kaum hawa. Sejumlah public figure pun memilih make-up ini untuk tampil di hari bahagianya. Sebut saja penyanyi Raisa Andriana, aktris Putri Marino, dan baru-baru ini musisi Maia Estianty menambah deretan public figure yang memilih tampil natural saat pernikahan.

Mila Adiina Shoffana, 23, salah satu penggemar make-up natural mengaku lebih menyukai gaya make-up effortless. Menurut dia, make-up effortless membuatnya tampil menjadi diri sendiri dan lebih fresh. “Gaya make-up ini terkesan anggun. Meski pakai make-up, tapi tidak berlebihan. Itu karena hasil akhirnya natural,” jelas wanita berhijab ini.

Baca juga: Menikmati Lukisan Langit di Pantai Popoh

Sella Widya Prafajarika, make up artist (MUA) Duta Ayu Wedding Gallery menjelaskan, make-up effortless merupakan make-up natural dan simpel. Atau orang biasa menyebutnya no make up make up look alias memakai make up, namun tidak seperti mengenakan make-up. “Intinya dalam make-up effortless itu tetap tampil cantik dengan menjadi dirinya sendiri. Jadi apa adanya,” terangnya.

Sella menjabarkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengaplikasian make up effortless. Pertama, pada alis. Disarankan untuk pengaplikasian alis yang natural. Alis hanya mengikuti arah rambut alis asli. Selain pada alis, ciri dari make-up effortless adalah menggunakan bulu mata yang natural atau bahkan cukup menggunakan maskara. “Usahakan bulu mata hanya satu layer dan yang natural. Kalau sudah memiliki bulu mata lentik, cukup gunakan maskara untuk mempertegas,” ujar wanita berhijab ini.

Riasan mata seperti eyeshadow juga turut menjadi perhatian. Pemilihan warna-warna netral seperti cokelat atau warna-warna earth menjadi ciri dari make-up effortless. Salah satu yang menjadi poin penting dalam make-up ini adalah pada pilihan warna foundation atau alas bedak yang tepat.

 Sella menjelaskan, selama ini beberapa orang salah kaprah dengan foundation. Orang menganggap bahwa foundation berfungsi untuk mengubah warna kulit. Padahal foundation berfungsi untuk meratakan warna kulit. Untuk itu, dianjurkan memilih foundation dengan warna satu tingkat lebih cerah. Karena akan memberikan efek segar dan sehat pada kulit. “Untuk foundation, cukup gunakan liquid foundation atau foundation cair. Karena hasilnya terlihat lebih natural,” terangnya.

Wanita 24 tahun ini melanjutkan, untuk pemilihan blush on gunakan warna pink peach. Itu akan membuat wajah tampil segar. Hal lain yang membedakan gaya make-up ini dengan yang lain adalah tanpa menggunakan hard countour. Karena wajah akan terlihat berubah. “Countour kan fungsinya membentuk wajah. Misal membuat pipi menjadi tirus atau hidung terlihat lebih mancung. Ini tidak diperlukan dalam make-up effortless,” jelasnya.

Untuk pemilihan warna lipstik, sebaiknya gunakan warna nude atau bisa dengan teknik ombre. Selain itu, penggunaan highlighter juga dapat membuat total look terlihat lebih bercahaya dan cerah. Tak kalah penting, Sella menekankan bahwa kondisi wajah yang sehat dan terawat juga menjadi poin penting dalam pengaplikasian make-up effortless. Pasalnya, konsep utama dari make-up ini adalah tampil natural. Jika kulit asli sudah sehat terawat, maka tidak perlu mengenakan terlalu banyak langkah make-up, gaya effortless sudah didapat. “Kulit tidak perlu putih untuk tampil cantik. Yang penting sehat dan terawat. Tentu akan membuat gaya make-up effortless terlihat maksimal,” tambahnya.

Perempuan kelahiran 3 Mei 1994 ini melanjutkan, meski jenis make-up ini belum banyak dikenal di Kota Marmer. Namun dia memperkirakan bisa jadi untuk beberapa waktu ke depan, make-up effortless mulai dilirik. Ini karena pengaruh nilai budaya dalam masyarakat. Pandangan masayarakat selama ini, saat menikah harus tampil full make-up dan manglingi. “Trennya kalau di kota besar sudah sering. Namun untuk di daerah masih sekitar 10 persen. Ini karena pengaruh budaya masyarakat dalam pernikahan. Harus terlihat pangling kalau kata orang Jawa,” tandasnya seraya tertawa.

Sella pun membagikan tips pengapliasian make-up effortless. Pertama,jangan terlalu tebal dalam pengaplikasian foundation. Gunakan foundation dengan warna satu tingkat lebih cerah dari warna kulit. Tips selanjutnya, untuk riasan mata gunakan eyeshadow dengan warna natural seperti cokelat. Jika ingin menggunakan bulu mata palsu, cukup gunakan bulu mata palsu satu layer. Lalu untuk perona pipi,gunakan blush on dengan warna pink peach dan sapukan lipstik dengan warna nude. Terakhir, gunakan setting spray agar make-up terlihat lebih natural. Selain itu,setting spray juga berfungsi untuk mengunci make-up agar tahan lebih lama.

(rt/lai/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news