Minggu, 16 Dec 2018
radartulungagung
icon featured
Trenggalek

Pemkab Trenggalek Buka Lowongan Jabatan Sekda

14 November 2018, 15: 30: 41 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

grafis

grafis

TRENGGALEK – Sejumlah kekosongan jabatan di level eselon IIb tampaknya akan bertahan hingga penghujung tahun ini. Sebab, pemerintah Kota Keripik Tempe kini hanya membuka pengisian jabatan untuk posisi sekretariat daerah (sekda).

“Belum. Mohon waktu (pengisian jabatan, Red),” ujar Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Triadi Atmono, kemarin (13/11)

Dia mengungkapkan, kini seleksi terbuka hanya untuk jabatan tinggi pratama (JPT) IIa alias sekda. Posisi ini tidak hanya berlaku bagi pejabat di lingkungan Kota Keripik Tempe. Senyampang memenuhi persyaratan pejabat dari luar daerah, juga bisa mengikuti seleksi tersebut.

Untuk diketahui, sedikitnya ada tujuh kursi kosong hingga penghujung tahun ini untuk level eselon IIb dan IIa. Artinya, dipastikan peserta lelang jabatan eselon IIa di Kota Keripik Tempe juga terbatas.

Kendati demikian, Triadi -sapaannya- memastikan masih ada banyak pejabat yang memenuhi syarat untuk ikut dalam lelang jabatan pimpinan tinggi pratama tersebut. “Masih ada banyak yang bisa kok,” terangnya.

Diakuinya, ada batas minimal peserta agar tahapan pengisian jabatan ini bisa dilaksanakan. Jika nanti ternyata tidak memenuhi kuota pengisian jabatan, kemungkinan ada penambahan perpanjangan masa pendaftaran lelang. “Minimal ada empat peserta. Kalau tidak ada, nanti kita perpanjang,” katanya.

Pria yang menjabat sebagai kabag protocol dan rumah tangga ini mengatakan, jadwal pendaftaran sudah dibuka sejak Senin, (12/11) kemarin hingga 26 November mendatang. Mengenai persyaratan berlaku usia maksimal 56 tahun hingga Desember ini.

Selain itu juga memiliki sejumlah pengalaman di tingkat eselon IIb minimal dua tahun. “Siapa saja boleh mendaftar asal memenuhi syarat. Tidak hanya untuk pejabat di Trenggalek, tapi juga daerah lain di Jatim,” sebutnya.

Rangkaian seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama ini berakhir Desember nanti. Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan awal tahun depan sudah diketahui sekda baru di Trenggalek.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Koran ini, sedikitnya ada lima atau enam pejabat eselon IIb yang memiliki kualifikasi untuk mendaftar proses seleksi ini. Kendati begitu, jika nanti salah satu di antara mereka naik pangkat, jelas akan menambah kursi kosong di tingkat eselon IIb.

Sekadar diingat kembali, salah satu kendala dalam proses pengisian jabatan ini karena ada ketentuan dalam Undang-undang Pilkada Nomor 10 Tahun 2016. Disebutkan jika kepala daerah tidak diperkenankan melakukan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian pejabat enam bulan sebelum ditetapkan sebagai calon peserta pilkada hingga masa berakhir jabatan.

Kendati demikian, masih ada alternatif lain untuk pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian pejabat. Yakni dengan mengantongi izin tertulis dari Kemendagri untuk kepentingan tersebut. Ini sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

(rt/zak/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia