Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

Sekolah Sambut Positif Sistem SKS

15 November 2018, 10: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

SERIUS : Siswa SMAN 1 Kedungwaru saat mengikuti pelajaran.

SERIUS : Siswa SMAN 1 Kedungwaru saat mengikuti pelajaran. (AGUS DWIYONO/RATU)

 TULUNGAGUNG- Dengan sistem pembelajaran di SMA yang menerapkan satuan kredit semester (SKS) di Kota Marmer, siswa dipastikan bisa lulus hanya dua tahun. Mendapatkan sambutan positif sejumlah sekolah.

Wakasek Kurikulum SMAN 1 Kedungwaru Puryantoro menjelaskan, sistem pembelajaran SKS ini berbeda dengan akselerasi. Proses belajar pun dilakukan seperti kelas pembelajaran pada umumnya. Hanya tiap-tiap siswa dalam sistem SKS bisa belajar secara mandiri. Sehingga bisa mempercepat waktu waktu belajar sesuai dengan kemampuannya. “Di sini guru hanya sebagai fasilitator saja, secara tidak langsung siswa yang menentukan ingin menyelesaikan studi cepat atau standar,” terangnya.

Untuk membantu siswa dapat menyelesaikan studi sesuai kemampuan maka digunakan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam belajar. UKBM merupakan modul belajar untuk siswa. Sehingga siswa yang mampu menyelesaikan UKBM lebih cepat dapat mengajukan tes terlebih dahulu. Jika sudah tuntas menyelesaikan ujian, maka siswa dapat mengajukan UKBM baru.

Dia menambahkan, bagi siswa yang memiliki nilai kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) dapat mengikuti remidi. “Hampir sama dengan di perguruan tinggi, hanya saja proses belajarnya tetap bersamaan di dalam kelas,” ujarnya.

(rt/did/jpr/did/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia