Rabu, 11 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Banyak Terima Keluhan Soal Lahan Parkir Sumber Udel, Begini Kata Dewan

19 November 2018, 17: 44: 45 WIB | editor : Didin Cahya FS

DISOROT : Fasilitas pariwisata Water Park Sumber Udel yang dinilai masih belum maksimal.

DISOROT : Fasilitas pariwisata Water Park Sumber Udel yang dinilai masih belum maksimal. (M SUBCHAN/ RADAR BLITAR)

BLITAR KOTA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar menyoroti fasilitas pariwisata Water Park Sumber Udel yang dinilai masih belum maksimal. 

Salah satunya adalah fasilitas tempat parkir yang kurang di kawasan wisata air di Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul tersebut. Sebab, jika ramai parkir bisa membeludak hingga bahu jalan. Dewan mendesak agar lahan parkir baru segera dibangun. Sehingga tidak sampai membeludak 

Wakil Ketua DRPD Kota Blitar Totok Sugiarto mengatakan, dewan menerima banyak masukan dari masyarakat mengenai tempat parkir di kawasan Sumber Udel. Selama ini, jika pengunjung ramai, kendaraan yang parkir membeludak hingga bahu jalan. "Memang banyak warga yang mengeluhkan soal tempat parkir Sumber Udel," katanya di Kantor DPRD Kota Blitar, Senin (19/11). 

Terkait parkir yang membeludak tersebut, jelas Totok, masyarakat meminta agar ada penambahan lahan parkir. Sebab, saat parkir membeludak hingga bahu jalan bisa mengganggu arus lalu lintas. "Ya, minta ada penambahan sarana dan prasaran parkir (di kawasan Sumber Udel, Red) untuk mengantisipai kemacetan di jalan," terang politisi PKB ini. 

Namun, selain masukan penambahan sarana dan prasarana parkir, lanjut dia, masyarakat juga mengusulkan agar ada destinasi wisata lain di sekitar Sumber Udel. Dengan begitu, potensi wisata di sekitar water park bisa lebih meningkat. "Jadi, tidak hanya usulan penambahan lahan parkir, tetapi juga ada usulan penambahan destinasi wisata baru," ungkap Totok. 

Memang, untuk lahan parkir di Water Park Sumber Udel sudah tersedia. Namun, kapasitasnya belum bisa mencukupi. Apalagi untuk kendaraan besar seperti bus-bus. Oleh sebab itu, pengelola wisata memanfaatkan bahu jalan yang kosong untuk tempat parkir. 

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar berencana membangun lahan parkir tambahan di sisi barat Water Park Sumber Udel. "Di sana ada lahan kosong yang telah dibeli Pemkot untuk dijadikan tempat parkir," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengelola Kawasan Wisata Disparbud Kota Blitar Heru Santoso.

Pemkot telah menyediakan anggaran sekitar Rp 1 miliar. Anggaran tersebut termasuk untuk biaya pembebasan lahan. Namun, karena ada kendala teknis di lapangan, pembangunan lahan parkir ditunda pada 2019.

(rt/kan/abd/did/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia