Senin, 09 Dec 2019
radartulungagung
icon featured
Trenggalek

Retribusi Wisata Bakal Dirasionalisasikan, Kini Masih Minus Rp 2M

22 November 2018, 09: 40: 44 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Retribusi Wisata Bakal Dirasionalisasikan, Kini Masih Minus Rp 2M

TRENGGALEK – Dinas pariwisata dan kebudayaan (disparbud) tampaknya harus berjuang ektra keras untuk memenuhi kenaikan target pendapatan daerah tahun depan.

Itu karena target di 2018 ini sudah cukup tinggi dan harus ngoyo untuk merealisasikannya. Diproyeksikan pada 2019 nanti pendapatan dari sektor pariwisata ditargetkan menjadi Rp 12 miliar atau naik Rp 3 miliar dari tahun 2018 ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Joko Irianto mengaku tidak akan gegabah dengan membuka atau mengalokasikan anggaran agar ada tambahan pendapatan baru.

Pihaknya memilih untuk fokus pada potensi pariwisata yang memang memiliki peluang besar untuk mengeruk pendapatan. Semisal pengelolaan di Pantai Blado, Pantai Konang, dan Pemandian Tapan. “Kami sudah ngomong ke Perhutani, tambahan (kerja sama, Red) itu,” ujarnya.

Menurut dia, ide atau gagasan dengan menciptakan sarana atau fasilitas di lokasi wisata memang bisa menarik minat wisatawan yang ujung-ujungnya meningkatkan pendapatan daerah.

Hanya saja, ada beberapa kegiatan atau sarana yang kini justru tidak dimanfaatkan dan malah menimbulkan kesan mubazir. Untuk itu, pihaknya akan mempertimbangkan benar-benar kegiatan atau alokasi anggaran di lokasi wisata.

Adapun mengenai proyeksi kenaikan target di 2019 nanti, diakuinya menjadi tantangan yang tidak ringan. Mengingat di penghujung tahun anggaran ini, capaian realiasi pendapatan yang dibebankan di dinas tersebut masih minus Rp 2 miliar dari target Rp 8 miliar yang ditetapkan.

Salah satu langkah yang akan diambil, dengan menyesuaikan atau merasionalisasikan besaran tarif retribusi wisata. “Kita berusaha. Selain meningkatkan tarif, ke depan kita memang harus buka lahan (objek wisata, Red) baru,” terangnya.

(rt/muh/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia