Rabu, 19 Dec 2018
radartulungagung
icon featured
Politik

APK Pasangan Jokowi-Ma'ruf Terpasang di MPU Kena Garuk Satpol PP

22 November 2018, 15: 31: 10 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

APK Pasangan Jokowi-Ma'ruf Terpasang di MPU Kena Garuk Satpol PP

BLITAR KOTA - Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) ditertibkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Blitar, Kamis (22/11). Ada sebanyak 21 titik lokasi yang tertibkan. 

Salah satu pelanggaran mencolok adalah stiker kampanye yang dipasang kaca angkutan umum. Pelanggaran itu ditemukan di kawasan Pasar Legi di Kelurahan/Kecamatan Sukorejo. 

Saat merazia, anggota bawaslu menemukan beberapa angkutan umum yang ditempeli stiker kampanye (mobil branding). Stiker itu bergambar salah satu calon legislatif dan salah satu calon presiden. 

Komisioner Bawaslu Kota Blitar Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Abdul Aziz Alkaharudin mengatakan, temuan stiker kampanye yang ditempel di angkutan umum tersebut belum begitu banyak. 

Hanya ditemukan di beberapa angkutan saja. "Belum banyak. Tapi, kami terus melakukan pengawasan," katanya, kepada Jawa Pos Rader Blitar di sela-sela penertiban, Kamis (22/11). 

Dia menjelaskan, penertiban stiker kampanye itu hanya dilakukan terhadap angkutan-angkutan umum yang berhenti. Atau yang sedang parkir menunggu penumpang. "Ya, ini salah satu bentuk pelanggarannya," terang pria ramah ini. 

Penempelan stiker kampanye di angkutan umum melanggar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Selain menertibkan stiker APK di angkutan umum, bawaslu juga menertibkan APK yang dipasang di sejumlah dengan cara di paku. Lalu, juga dipasang di tiang listrik dan dipasang di beberapa titik atau zona yang dilarang. 

Sejumlah APK yang melanggar itupun langsung diamankan bawaslu untuk dilakukan pendataan. Penertiban APK itu dimulai sekitar pukul 09.00. Bawaslu juga berkoordinasi dengan aparat penegak hukum lain, yakni Satpol PP dan kepolisian.

Aziz mengungkapkan, sebelum dilakukan penertiban tersebut, bawaslu sudah lebih dulu berkomunikasi dengan partai politik (parpol). Bawaslu juga sudah menyurati agar sejumlah APK  yang melanggar segera dicopot. "Sebelumnya kami minta agar dicopot sendiri. Kami beri tenggang waktu. Namun, jika masih ada APK, kami tertibkan sendiri," tandasnya. 

(rt/abd/kan/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia