Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Travelling

Nikmati Es Pisang Ijo, Rasakan Sensasi Manis, Segar, Lembut di Mulut

08 Desember 2018, 09: 05: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

LEMBUT: Es pisang ijo yang mampu mengusir dahaga.

LEMBUT: Es pisang ijo yang mampu mengusir dahaga. (WHENDY GIGIH PERKASA/ RATU)

TULUNGAGUNG - Beragam kuliner ada di Kota Marmer, termasuk dari luar pulau. Seperti es pisang ijo (hijau) yang merupakan makanan asli khas Makasar, Sulawesi Selatan.

Makanan itu sudah banyak dijual warga Tulungagung. Karena rasa tidak terlalu aneh di lidah masyarakat Tulungagung, kuliner itu pun mendapat respons positif. Salah satu warung yang menyediakan es pisang ijo yakni di kawasan Jalan Ahmad Yani Timur gang III.

Sajian es pisang ijo ternyata cukup sederhana. Di antaranya pisang ijo, ditambah mutiara merah, potongan agar-agar kecil, jenang putih, dan santan. Sebagai pemanis, diberi sirup dengan beberapa pilihan rasa sepereti stroberi atau pun melon.

Pisang ijo berbentuk bulat memanjang berwarna hijau. Setelah dipotong menjadi beberapa bagian, warna hijau hanya sebagai selimut pisang. “Pisang dibalut adonan hijau. Semuanya tanpa pengawet,” ujar Rafiq, salah seorang penjual.

Adonan pembungkus pisang dibuat dengan bahan dasar tepung terigu, air, santan, gula, garam. Semuanya dimasak hingga mengental. Untuk pewarna hijau, berasal dari daun pandan. Adonan yang mengental lantas digunakan untuk membungkus pisang. Jenis pisang yang dipilih biasanya pisang raja karena memiliki rasa cukup manis dan lembut. Selanjutnya, dikukus hingga matang. “Bahan utama tetap tepung terigu dan pisang,” ujar Rafiq lagi.

Semua bahan yang sudah matang lantas ditata dalam mangkuk. Sebagai tambahan bisa menggunakan susu kental manis sesuai selera. Agar rasa lebih segar, ditambahkan es batu atau es serut secukupnya.

Ketika mencicipi es pisang ijo, rasa manis dan segar langsung terasa di lidah dan mengusir haus di tenggorokan. Sedangkan irisan pisang ijo lebih terasa lembut. Itu karena adonan menggunakan tepung terigu dan pemilihan pisang cukup bagus yakni tidak terlalu matang.

Ketika menikmati es pisang ijo, langsung terasa segar di tenggorokan. Lembut dan manisnya di mulut tidak berlebih sehingga terasa nikmat.

Rasa lembut juga berasal dari jenang putih sebagai pelengkap es pisang ijo. Jenang itu juga membuat porsi es pisang ijo cukup mengenyangkan perut.

(rt/whe/did/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia