Senin, 25 Mar 2019
radartulungagung
icon-featured
Travelling

Nikmatnya Puding Susu, Sehat, Lembut di Mulut

16 Desember 2018, 10: 05: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

LEZAT: Beberapa pilihan puding berbagai rasa. Semuanya lembut di mulut.

LEZAT: Beberapa pilihan puding berbagai rasa. Semuanya lembut di mulut. (RADAR TULUNGAGUNG)

 TULUNGAGUNG - Puding menjadi salah satu jajanan yang banyak digemari. Tak terkecuali warga Kota Marmer. Terlebih, kini sudah banyak kreasi puding. Tidak hanya rasa yang lezat, tetapi warna dan bentuknya menarik. Seperti puding kreasi Bisyarah Jelang Fitria atau yang akrab disapa Vea.

Saat wawancara, warga Kelurahan Tamanan, Kecamatan Tulungagung itu mengaku jika membuat puding tidaklah rumit. Sebab, semua bahan mudah diperoleh di pasaran. Beberapa di antaranya agar-agar, susu kental manis, gula pasir, garam, dan sirup rasa buah.

Puding umumnya untuk hidangan penutup. Namun seiring perkembangan waktu, puding juga bisa untuk kudapan. Tentunya dipilih karena bagi sebagian orang puding dianggap lebih sehat. Pembuatan puding juga tanpa bahan pengawet.       

Vea mengatakan, untuk membuat puding susu yang lembut dan lezat, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Di antaranya mencampur gula, garam, susu kental manis, air hangat, dan agar-agar. Semuanya direbus hingga mendidih.

Selanjutnya, tambahkan irisan buah dan sirup tiap adonan, agar lebih terasa di setiap warnanya. Tuang dalam cup agar-agar. Tunggu sampai benar-benar dingin, baru tuangkan adonan warna lain sehingga hasilnya membentuk lapisan. Buat sampai beberapa lapis. Misalnya sampai tiga tumpuk. “Agar lebih nikmat, masukkan dalam kulkas,” ujar Vea.

Sebagai pemanis, bisa ditambahkan topping. Seperti potongan buah, keju, atau pun oreo. Puding siap dinikmati.

Ketika menikmati puding itu, tekstur benar-benar lembut di mulut. Tidak ada tekstur yang terlalu keras atau pun kenyal. Rasa lebih dominan manis, tapi tetap segar. Sebab, potongan buah dan puding memang lebih nikmat disajikan dalam kondisi dingin.

(rt/whe/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia