Selasa, 19 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Dokumen Pembangunan Pasar Legi Kota Blitar Sudah Lengkap

17 Desember 2018, 20: 58: 54 WIB | editor : Didin Cahya FS

BAKAL DIROMBAK : Pasar Legi di Kota Blitar  bakal dibangun.

BAKAL DIROMBAK : Pasar Legi di Kota Blitar bakal dibangun. (MUHAMMAD SUBCHAN/RADAR BLITAR)

BLITAR KOTA - Satu per satu dokumen rencana pembangunan Pasar Legi mulai lengkap. Termasuk detail engineering design (DED), upaya pengelolaan lingkungan hidup (UKL) dan upaya pemantauan lingkungan hidup (UPL) serta analisa dampak lalu lintas sudah dinyatakan lengkap.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Blitar Arianto. Dia mengatakan, sejumlah dokumen perencanaan pembangunan Pasar Legi sudah dilengkapi. "Yakni DED, amdal lalin dan beberapa dokumen lainnya kami sudah siap," katanya, Senin (17/12). 

Namun, jelas Arianto, untuk dokumen feasibility study (FS) saat ini sedang dipelajari lagi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Blitar. Sehingga pihaknya belum mengetahui bagaimana perkembangan dokumen FS tersebut. "Sudah lengkap atau belum, kami belum tahu karena itu di Bappeda. Yang pasti untuk DED, uji amdal lalin, uji laboratorium dan lain sebagainya, kami sudah siap," ungkap pria berkumis tipis ini. 

Nah, sembari menunggu kelengkapan dokumen itu, Disperdagin akan sosialisasi kepada pedagang. Sosialiasai mengenai dokumen rencana pembangunan yang sudah disiapkan tersebut. Disamping sosialisasi, dinas juga berdiakusi dengan pedagang. 

Dengan Sosialisasi dan diskusi itu, kata dia, maka bisa diketahui kekurangannya. Sehingga pedagang nanti bisa memberi sejumlah masukan kepada dinas untuk berbenah. "Jika dokumen itu sudah oke, ya lanjut. Tapi, jika ada masukan lagi ya, kami terima. Bagaimanapun dokumen tersebut bukan harga mati," terangnya. 

Makanya, dengan sosialisasi dan diskusi antara dinas, tim dari pemerintah Kota (Pemkot) Blitar dan pedagang tersebut, nantinya bisa dihasilkan keputusan yang tepat. "Pedagang maunya bagaimana, kami tampung masukan sehingga nantinya bisa klop dengan tim pemkot Blitar," ujar Arianto. 

Sebelumnya, mendekati akhir tahun, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar agar mempercepat kajian soal rencana pembangunan Pasar Legi. Dewan mengharapkan seluruh dokumen kajian pembangunan Pasar Legi bisa selesai pada Desember ini.

Seperti diketahui, pemkot telah menyediakan anggaran revitalisasi Pasar Legi. Anggaran itu dialokasikan di Rencana APBD 2019. Besaran anggaran yang disiapkan adalah Rp 50 miliar.

Namun, di sisi lain rencana relokasi sejumlah pedagang di sekitar Pasar Legi yang dilakukan akhir tahun ini harus batal. Pemkot dan DPRD sepakat pembangunan ditarget kelar dalam setahun. Estimasinya, pembangunan mulai dikerjakan di awal 2019.

(rt/kan/abd/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia