Minggu, 16 Jun 2019
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

37.750 Keping E-KTP Dibakar Agar tidak disalahgunakan

22 Desember 2018, 15: 05: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

AGAR TAK DISALAHGUNAKAN: Pegawai Dispendukcapil Trenggalek membakar ribuan keping e- KTP yang tidak terpakai,.

AGAR TAK DISALAHGUNAKAN: Pegawai Dispendukcapil Trenggalek membakar ribuan keping e- KTP yang tidak terpakai,. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK - Sebanyak 15.350 keping kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dibakar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Trenggalek. Ini dilakukan karena e-KTP milik masyarakat Bumi Menak Sopal tersebut tidak dipakai lagi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Trenggalek, pembakaran sekitar pukul 14.00 tersebut dimulai dengan mengeluarkan ribuan keping e-KTP dari gudang. Selanjutnya, keping E-KTP tersebut dimasukkan ke tong yang disediakan dan kemudian dibakar. “Sebenarnya pembakaran ini sudah kami mulai Jumat (14/12) lalu, berpedoman atas instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Trenggalek Sigid Agus Hari Basoeki.

Dia melanjutkan, kini dispendukcapi sudah membakar 37.750 keping e-KTP. Semuanya tidak digunakan pemiliknya dengan alasan material rusak, perubahan data seperti status perkawinan dari yang sebelumnya belum kawin menjadi kawin, hingga pemiliknya sudah meninggal. “Sebenarnya jika ada masyarakat yang mengurus perbaruan e-KTP, material yang lama kami tarik. Agar tidak disalahgunakan, yang lama kami gunting,” katanya.

(rt/zak/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia