Selasa, 19 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Ekonomi

Kerudung Lukis Tusuk Gigi, Satu Desain Satu Pemesan

29 Desember 2018, 08: 09: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

Kerudung Lukis Tusuk Gigi, Satu Desain Satu Pemesan

 TULUNGAGUNG- Desain kerudung kini lebih banyak pilihan. Mulai warna, hingga beragam motif. Para produsen berusaha memikat pembeli dengan kualitas. Itu juga tak lepas semakin banyaknya kaum hawa yang gemar memakai kerudung.

Peluang itulah yang digunakan Titalina. Warga Desa Kesambi, Kecamatan Bandung itu memilih membuat kreasi baru kerudung buatannya. Yakni dengan melukisnya. Tapi jangan salah, dia melukis kerudung menggunakan tusuk gigi. Karena itulah, dalam setiap kerudung tidak akan sama desainnya. “Esklusif, satu desain untuk satu pemesan. Tidak akan ditemukan desain yang sama,” ungkapnya saat diwawancara beberapa hari lalu.

Tita sudah sejak dua tahun lalu menggeluti usaha kerudung lukis tusuk gigi itu. Tentu saja, dalam membuatnya harus telaten. Sebab, ujung tusuk gigi runcing sehingga tekniknya hanya dengan menitik, bukan digoreskan. “Untuk mendapatkan hasil yang bagus, harus ‘nutul’ (membuat titik-titik dengan tusuk gigi) berkali-kali,” ujarnya.

Semua kain kerudung, lanjut Tita, bisa dilukis. Namun, agar hasilnya lebih bagus, dipilih kerudung berbahan katun. Selain itu, kain model silk atau menerawang juga bisa. Ada perlengkapan lain yang harus disiapkan untuk melukis kerudung. Di antaranya triplek, penjepit kertas, dan palet cat. Cat inilah yang khusus, yakni untuk tekstil produk T-wool.

Ada beragam motif yang bisa dibuat. Di antaranya bunga, batik, abstrak, dan lain sebagainya. Proses melukis kerudung dalam sehari rata-rata dua kerudung. Jika motifnya lebih rumit ataupun harus block, maka dalam dua hari hanya satu kerudung. Sebab, melukisnya ditutul. Tidak boleh diseret.

Pelanggan Tita tidak hanya lokal Tulungagung. Ada juga daerah lain. Yakni Kediri, Blitar, dan sebagainya. Harga per kerudung lukis dibandrol mulai Rp 125 ribu sampai Rp 200 ribu tergantung motif. 

(rt/whe/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia