Selasa, 16 Jul 2019
radartulungagung
icon featured
Travelling

Istana Gebang Primadona Destinasi Wisata Liburan Natal dan Tahun Baru

02 Januari 2019, 16: 00: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

JUJUGAN PELAJAR: Beberapa pengunjung tampak menikmati Istana Gebang dari depan dan berfoto-foto kemarin.

JUJUGAN PELAJAR: Beberapa pengunjung tampak menikmati Istana Gebang dari depan dan berfoto-foto kemarin. (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

BLITAR KOTA – Selama musim libur sekolah Natal dan Tahun Baru (Nataru), tempat wisata Istana Gebang menjadi salah satu destinasi wisata yang jadi primadona. Rata-rata pengunjung yang datang ke rumah orang tua Bung Karno itu didominasi pelajar.

Penjaga Istana Gebang Ridda Aprila mengakui jumlah pengunjung yang datang didominasi pelajar dan dewasa (satu keluarga). “Selama musim liburan, jumlah pengunjung membeludak. Dari ribuan pengunjung, ada beberapa yang berasal dari luar negeri. Tapi didominasi pengunjung pelajar,” ungkapnya.

Banyaknya pelajar yang datang karena Istana Gebang merupakan tempat wisata budaya. Di tempat ini masih banyak peninggalan orang tua Bung Karno. Pasalnya, Istana Gebang merupakan tempat masa-masa kecil dan remaja Bung Karno.

“Sebagian besar benda yang ada di Istana Gebang masih asli peninggalan orang tua Bung Karno. Seperti meja, kursi, perabotan rumah tangga, hingga ranjang dan kasur,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Istana Gebang juga menjadi saksi bisu perjuangan Bung Karno dan para pejuang lain. Seperti Sodanco Seoprijadi dan lainnya. Sebab, pernah digunakan pertemuan untuk merencanakan pemberontakan PETA dan lainnya. “Pada usia 17 tahun, Bung Karno sering ke sini. Terakhir ke sini tahun 1964,” jelasnya.

Dengan banyaknya pengunjung yang datang ke Istana Gebang, dia berharap semakin banyak masyarakat yang mengetahui sejarah tentang Bung Karno. Selain itu, juga meluruskan persepsi bahwa Istana Gebang merupakan rumah peninggalan orang tua Bung Karno dan bukan rumah Bung Karno.

“Banyak yang beranggapan di sini merupakan rumah Bung Karno. Meski demikian, pada masa kecil dan remaja, Bung Karno sering ke sini (Istana Gebang, Red),” imbuhnya.

(rt/sai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia