Selasa, 19 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Politik

Bawaslu Curiga Dana Kampanye Parpol Peserta Pemilu 2019

06 Januari 2019, 16: 05: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

KEBUT : Logistik Pemilu 2019 di gudang KPU Trenggalek.

KEBUT : Logistik Pemilu 2019 di gudang KPU Trenggalek. (AGUS MUHAIMIN/RADAR TRENGGALEK)

 TRENGGALEK - Laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) partai politik (parpol) tetap menjadi atensi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Trenggalek. Meski nominal sumbangan dari pihak ketiga tidak besar, antusiasme parpol peserta Pemilu 2019 masih tinggi. Dibuktikan dengan seabreg baliho atau alat peraga kampanye (APK) terpasang di pinggir jalan.

Ketua Bawaslu Trenggalek Ahmad Rokhani mengatakan, persoalan administrasi atau pembukuan dalam penerimaan dana kampanye tidak menjadi prioritas. Apalagi tidak ada sanksi berat jika parpol tidak mengutamakan LPSDK. “Sudah dapat tembusan laporan dari KPU Trenggalek, berkas setumpuk," katanya Sabtu (5/1).

Sementara ini, Bawaslu Trenggalek belum memeriksa semua rincian dokumen tersebut. Dari pengamatan sekilas, pemasukan dari pihak ketiga untuk parpol tidak begitu besar.

Ada salah satu parpol menerima sumbangan dari caleg nominalnya puluhan ribu rupiah saja per orang. Jika melihat APK dipasang, tentu timbul sejumlah pertanyaan. "Lha terus kalau sumbangan kecil, dari mana dapat duit untuk produksi APK ribuan unit?" jelasnya. Menurut dia, terkait dana kampanye tidak bisa dianggap sepele. Sebab, nanti akan ada audit dari kantor akuntan publik tunjukan KPU Trenggalek untuk menilai kewajaran pembukuan terkait dana kampanye ini.

Sebelumnya, Patna Sunu, Divisi Hukum KPU Trenggalek mengatakan, mayoritas parpol peserta Pemilu 2019 telah menyampaikan LPSDK ke kantor KPU sesuai batas akhir 2 Januari lalu. Dari sekian parpol peserta Pemilu 2019, ada dua parpol tidak melaporkan LPSDK kepada KPU Trenggalek. Yakni Partai Garuda dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Hal itu disebabkan kedua partai tersebut tidak memiliki calon legislatif pada Pemilu 2019 ini.

(rt/muh/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia