Jumat, 22 Nov 2019
radartulungagung
icon featured
Hukum & Kriminal

Ungkap 29 Kasus Narkoba, Ringkus 33 Tersangka

06 Januari 2019, 10: 05: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

Ungkap 29 Kasus Narkoba, Ringkus  33 Tersangka

TRENGGALEK - Satreskoba Polres Trenggalek memiliki segudang pekerjaan rumah dalam meminimalkan peredaran gelap narkoba, khususnya untuk obat daftar gevaarlijk (daftar G). Berdasarkan data, selama 2018, terbanyak yakni pelaku obat-obatan daftar G, seperti pil dobel L dan sebagainya.

Berdasarkan data dari Polres Trenggalek, selama 2018 polisi mengungkap 29 kasus narkoba. Dari kasus itu, diamankan 33 tersangka yang terbukti sebagai pengedar narkoba. ”Dari semua kasus, terbanyak kasus peredaran obat daftar G, yakni pil dobel L,” ungkap Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibawa Saputra.

Dia melanjutkan, selama 2018, untuk daftar G ada 21 kasus, sabu-sabu ada tiga kasus, serta pelaku peredaran yang melanggar Undang-Undang Pangan seperti minuman keras (miras) ada lima kasus. Dari kasus tersebut, diamankan barang bukti berupa 2.099 butir obat daftar G; 2,55 gram sabu-sabu; serta 435 liter miras. ”Dengan tangkapan tersebut, semakin memotivasi kami untuk memberantas peredaran barang haram tersebut,” tuturnya.

Apalagi ungkapan kasus narkoba di tahun 2018 turun 24 persen dari tahun sebelumnya. Pada 2017 lalu diungkap 38 kasus narkoba dengan 40 tersangka. Sedangkan untuk kasus terbanyak masih peredaran obat daftar G dengan 29 kasus, sabu-sabu tujuh kasus, dan miras dua kasus.

Dimungkinkan masih banyak peredaran obat daftar G terjadi karena harganya murah. Akibatnya, terjangkau oleh berbagai lapisan dan golongan. Barangnya pun mudah didapat. ”Penurunan tersangka ada sekitar 17 persen, makanya kami akan sekuat tenaga untuk memberantas,” jelasnya. 

(rt/zak/did/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia