Selasa, 19 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

DPRD Desak Pemkab Serius Bangun Pasar Pon

08 Januari 2019, 03: 20: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

KARATAN: Sejumlah petugas pasar sedikit kesulitan membuka gembok Pasar Pon saat ada pengecekan lokasi dari tim Kementerian Perdagangan.

KARATAN: Sejumlah petugas pasar sedikit kesulitan membuka gembok Pasar Pon saat ada pengecekan lokasi dari tim Kementerian Perdagangan. (AGUS MUHAIMIN/RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK – Perubahan atau penambahan alokasi anggaran untuk pembangunan Pasar Pon pascakebakaran menjadi kabar baik. Tapi juga sekaligus bukti masih kurang optimalnya perencanaan di Kota Keripik tempe. Kalangan dewan meminta pemulihan sarana ekonomi masyarakat tersebut dilaksanakan cepat. “Pemerintah harus lebih serius menangani Pasar Pon,” ujar Ketua Komisi II DPRD Mugianto.

Dengan diambil alihnya rencana pembangunan Pasar Pon oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR), tidak membuat kerja pemerintah lebih ringan. Sebaliknya, itu membutuhkan perhatian serius.

Pada konteks ini, Mugianto menekankan koordinasi dan komunikasi secara intens menjadi kewajiban yang harus dilakukan agar pembangunan tersebut berjalan lancar. Output-nya nanti, agar bangunan atau sarana perekonomian tersebut bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat. Khususnya pedagang terdampak kebakaran Pasar Pon. “Perekonomian menjadi salah satu bidang tugas komisi II. Kami tekankan untuk keseriusan pemerintah,” katanya.

Nyaris semua yang direncanakan seputar Pasar Pon belum bisa direalisasikan. Mulai dari rencana penyediaan sarana relokasi yang selesai satu bulan pascakebakaran, hingga rencana lelang di akhir tahun anggaran 2018 agar pelaksanaan pembangunan bisa dimulai awal tahun 2019.

Terkait itu, Mugianto mengatakan, ada banyak bidang yang butuh perhatian pemerintah. Pihaknya tidak begitu mempersoalkan karena jelas ada hal-hal nonteknis yang menjadi tantangan dalam sebuah perencanaan. Seperti perubahan alokasi anggaran pembangunan Pasar Pon.

“Mari kita berpikir ke depan. Ayo lebih diseriusi, bangunan (Pasar Pon, Red) segera diselesaikan agar bisa ditempati. Itu saja dulu,” tegasnya.

(rt/muh/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia