Minggu, 21 Apr 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Puluhan Desa Rawan Tsunami, Bentuk dan Rekrut 180 Anggota Katsumi

09 Januari 2019, 09: 05: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

AWAS : Salah satu daerah di pesisir pantai wilayah Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, yang berpotensi tsunami.

AWAS : Salah satu daerah di pesisir pantai wilayah Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, yang berpotensi tsunami. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK- Sedikitnya 13 desa yang tersebar mulai dari Kecamatan Watulimo, Munjungan, dan Panggul rawan tergulung ombak tsunami.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas, Komunikasi, dan Informatika (Diskominfo) Trenggalek St. Triadi Admono mengatakan, sekitar tahun 2013 lalu, di wilayah desa tersebut sudah terbentuk kader tanggap tsunami (Katsumi) untuk mengantisipasi jika bencana tersebut datang.

“Semua desa yang terdampak tsunami itu letaknya di tepi laut sehingga kami selalu memberi imbauan kepada masyarakatnya agar terus waspada,” katanya.

Untuk Katsumi, total ada 180 anggota yang tersebar di tiga kecamatan tersebut. Jadi, di setiap kecamatan terdapat 60 anggota katsumi. Setiap satu kader membentuk beberapa kelompok. Kelompok itulah nantinya yang diberikan wawasan tentang berbagai teknik yang digunakan untuk kegiatan tanggap darurat jika ada bencana datang. “Geladi lapangan atau simulasi akan terjadinya tsunami sudah kami lakukan. Seperti yang dilakukan pada 2016 lalu, di wilayah Kecamatan Watulimo,” jelas pria yang kini masih menjabat sebagai Kabag Protokol dan Rumah Tangga Sekretariat Daerah (Setda) Trenggalek ini. 

(rt/zak/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia