Jumat, 18 Jan 2019
radartulungagung
icon-featured
Hukum & Kriminal

Pelaku Pencabulan dan Pencurian Motor Terancam 22 Tahun Di Penjara

10 Januari 2019, 16: 30: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

LAMA DIBUI : Pelaku pencurian dan pencabulan terancam tua di penjara.

LAMA DIBUI : Pelaku pencurian dan pencabulan terancam tua di penjara. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK- Pelaku pencurian dan pencabulan  Eko Prasetyo, 22, warga Desa Dompyong, Kecamatan Trenggalek, jadi buronan polisi sebelum ditangkap.

Polres Trenggalek mengetahui keberadaan pelaku di Desa Sukosewu, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar,  polisi pun langsung meluncur ke lokasi untuk meringkusnya. Dugaan polisi terbukti. Sebab ketika polisi sampai, pelaku masih berada di lokasi tempat persembunyiannya di rumah milik Suparni. Polisi langsung menggelandangnya ke Mapolres Trenggalek untuk proses penyelidikan selanjutnya.

Setelah pendalaman penyelidikan, ternyata selain mencuri dua unit sepeda motor tersebut, pelaku juga menyetubuhi gadis di bawah umur. Itu terbongkar ketika penyidik memeriksa percakapan yang ada di handphone (HP) pelaku. Ternyata pada Selasa (1/1) sekitar pukul 21.00, sempat membawa lari gadis tersebut. Karena itu, polisi langsung mencari keterangan saksi yaitu orang tua dan gadis bersangkutan. Dari keterangan saksi, terbukti bahwa pelaku sempat mengajak pergi korban Elok (nama samaran) dan membujuk serta mengiming-imingi akan menikahinya hingga mau disetubuhi.

Akibat kelakuan tersebut, jika terbukti bersalah, pelaku akan dikenakan hukuman berdasarkan 363 KUHP ancaman 7 tahun penjara untuk kasus pencuriannya serta berdasarkan UURI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman 15 tahun penjara untuk kasus persetubuhan anak di bawah umur. “Kasus dan laporannya berbeda, maka hukumannya kami bedakan pula. Pastinya kasus ini akan kami tangani agar bisa dilanjutkan ke proses persidangan,” jelas Didit.

Sementara itu, ketika wartawan mencoba mengonfirmasi pelaku, Eko Prasetyo, dia tidak berkenan memberikan tanggapan. Pelaku memilih untuk langsung masuk ke dalam jeruji besi guna melanjutkan proses hukumnya. 

(rt/zak/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia