Kamis, 21 Mar 2019
radartulungagung
icon featured
Politik

Lima Figur Kandidat Calon Wakil Bupati Trenggalek Miliki Peluang Sama

10 Januari 2019, 15: 30: 34 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Lima Figur Kandidat Calon Wakil Bupati Trenggalek Miliki Peluang Sama

TRENGGALEK – Sederet nama figur asal Kota Keripik Tempe kini santer menjadi bahan perbincangan publik terkait potensi kekosongan kursi jabatan wakil bupati (wabup). Itu karena Bupati Emil Dardak bakal dilantik menjadi wakil gubernur (wagub) Jawa Timur (Jatim).

Sejumlah tokoh mewanti-wanti agar tidak menggunakan momen pengisian tersebut untuk gambling. Sebab, dua tahun pemerintahan tidak boleh menjadi ajang coba-coba pemimpin.

Sedikitnya, ada lima figur publik yang dinilai bakal mengisi bursa kekosongan kursi wabup. Sebagian besar mereka adalah para politisi partai pengusung pasangan Emil Dardak dan Mochammad Nur Arifin saat Pilkada 2015 lalu.

Mereka adalah Doding Rahmadi, ketua DPC PDIP Trenggalek; Mugianto, ketua DPC Partai Demokrat; Nur Effendi, anggota dewan dan politikus Partai Gerindra; serta Samsuri, anggota dewan dan politikus Partai Golkar. Dari unsur birokrat, nama Kusprigianto, kepala dinas pendidikan, pemuda, dan olahraga juga santer dibicarakan.

Mulyadi WR, mantan bupati Trenggalek tidak menampik jika lima figur tersebut kini tengah menjadi perbincangan perihal peluang pengisian kursi jabatan wakil bupati. Itu karena nama-nama mereka cukup menonjol ketimbang figur lain dan dinilai mampu menjadi pendamping bupati dalam menyelenggarakan pemerintahan.

Namun, sambung dia, yang paling utama dalam penyelenggaraan pemerintahan adalah kesesuaian antara para pemimpinnya. Pada konteks ini, bupati menjadi tokoh sentral jika peluang untuk pengisian kekosongan ini dimanfaatkan oleh partai pengusung.

Kendati diakui, peran partai pengusung juga sangat vital karena mereka memiliki kewenangan untuk mengusulkan dua orang calon wabup. “Bisa bekerja sama dengan bupati itu yang utama,” katanya saat ditemui di kediamannya Rabu (9/1).

(rt/muh/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia