Senin, 18 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Travelling

Usir Dahaga dengan Segarnya Es TebJo

14 Januari 2019, 12: 05: 59 WIB | editor : Retta wulansari

SEGAR : Es TebJo (tebu ijo) ini mampu obati rasa haus di tenggorakan

SEGAR : Es TebJo (tebu ijo) ini mampu obati rasa haus di tenggorakan (HENNY SURYA AKBAR PURNA PUTRA/RATU)

Setelah perut terisi dengan soto ayam Cak Budi, tidak afdol jika tak mencoba es tebu untuk menghilangkan rasa pedas. Apalagi es TebJo (Tebu Ijo) ini diminum pada siang hari. Rasanya seger. Untuk mencari es TebJo, penghobi kuliner bisa menuju ke Desa Tunggulsari, Kecamatan Kedungwaru.

Meski es TebJo terkesan sederhana, ternyata tak sembarang tebu yang digunakan. Tebu merah itu tidak bisa digunakan untuk es. Sebab, warna dan rasanya itu akan berbeda. “Jenisnya itu khusus TebJo nomor 62 karena TebJo berwarna cemeng (hitam) dan rasanya bisa manis legit,” ungkap Bambang, penjual es TebJo.

Selain itu, perlu diperhatikan untuk membuat es TebJo menarik, kulit tebu harus disisik (di kupas sedikit kulitnya) agar bersih dan menggunakan saringan lembut. “Tebu dikupas sedikit agar pas saat digiling dan tidak kotor. Proses kedua dibutuhkan saringan lembut agar lebih bersih sehingga aman dikonsumsi,” ungkapnya.

Penyajiannya pun begitu simpel karena hanya perlu es batu, TebJo, gelas, dan sedotan. Sudah siap diminum sambil menikmati angin sepoi-sepoi. “Es TebJo ini tak perlu ditambah gula. Memang kadar gula tipe tebu 62 ini sudah cukup,” katanya.

Dia menambahkan, per gelas es TebJo ini dibanderol Rp 2 ribu. Dijamin tak akan merogoh kocek dalam. “Tak mungkin saya jual mahal. Dari dulu harganya masih sama,” katanya

Bambang mengaku, es TebJo ini sudah buka sejak 2012 lalu. Pengunjung yang datang tak pernah sepi, apalagi di musim panas. “Tiap hari itu bisa sampai 80 gelas. Jika cuaca panas, bisa sampai seratus lebih,” katanya.

(rt/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia