Minggu, 08 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
RaTu Event

3.800 Siswa SMAN Ikut Tryout Kejujuran 2019

15 Januari 2019, 11: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

FOKUS : Sejumlah  siswa ketika sedang ikut  latihan UNBK di SMAN 1  Tulungagung, Senin (14/1).

FOKUS : Sejumlah siswa ketika sedang ikut latihan UNBK di SMAN 1 Tulungagung, Senin (14/1). (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG – Kegiatan Tryout Kejujuran 2019 ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA diseleng garakan Jawa Pos Radar Tulungagung mulai digelar Senin (14/1) hingga Kamis (17/1). 

3.800 siswa kelas XII antusias mengikuti kegiatan yang rencananya digelar selama empat hari itu.

Termasuk yang terlihat di SMAN 1 Tulungagung. Sebanyak 236 siswa secara bergantian ikut latihan UNBK sesuai dengan jadwal yang ditentukan. “Ada 3 sesi dengan jumlah peserta 236 siswa. Alhamdulillah lancar dan tidak ada kendala,” terang Waka Kurikulum SMAN 1 Tulungagung Lilik Nurhayati.

Dia menjelaskan, sebelum mengikuti tryout telah mengadakan sosialisasi kepada siswa kelas XII. Sehingga siswa dapat mempersiapkan sebaik mungkin.

Dia mengimbau para siswa untuk tetap fokus dalam proses pengerjaan. Pasalnya latihan UNBK dapat sebagai tolok ukur kemampuan sekaligus menjadi ajang latihan siswa sebelum menghadapi UNBK. “Kami sudah mengimbau siswa, justru dengan tryout ini kita dapat mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam persiapan UNBK,” terangnya.

Meskipun mengikuti latihan UNBK, namun proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap berlangsung seperti biasa. Ini untuk efisiensi waktu belajar. Pasalnya jadwal UNBK yang kian dekat. “Jadi kami gunakan sistem sirkulasi, sehingga siswa bergantian. Yang ikut sesi 2 bisa KBM dulu. Begitu juga yang ikut sesi 1, setelah tryout ya KBM biasa,”tambah wanita berhijab ini.

Sementara itu sebanyak 610 siswa kelas XII mengikuti latihan UNBK di SMAN 1 Kedungwaru. Mereka terbagi dalam tiga sesi, setiap sesi kurang lebih sebanyak 203 siswa. Meski sempat mengalami kendala jaringan pada sesi dua, namun tak menyurutkan antusiasme siswa.

Waka Kurikulum SMAN 1 Kedungwaru Puryantoro mengaku, kendala jaringan bukan menjadi masalah berarti lantaran sekolah telah memiliki fasilitas memadai. Sehingga peserta dapat menggunakan komputer cadangan, sehingga tryout dapat kembali berjalan. “Tadi sempat ada trouble tidak bisa login. Akhirnya siswa kami minta ganti dengan komputer cadangan dan sudah bisa. Jadi tidak ada masalah,” jelasnya.

Lanjut dia, kegiatan seperti ini merupakan salah satu upaya untuk melihat sampai di mana kesiapan siswa menghadapi UNBK. Untuk itu seluruh siswa perlu untuk mempersiapkan sebaik mungkin.

Upaya seperti memberikan jam tambahan dan bimbingan belajar juga digelar oleh sekolah yang berjuluk Smariduta ini. “Dengan sering-sering latihan mengerjakan soal, saya harap siswa jadi terbiasa. Sehingga lebih siap untuk UN nanti,” tandasnya.

Kegiatan latihn UNBK ini digelar Jawa Pos Radar Tulungagung bekerja sama dengan musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) SMA Negeri se- Kabupaten Tulungagung. Sesuai jadwal, latihan dilaksanakan pada 14 hingga 17 januari mendatang. Sebanyak empat mata pelajaran akan diujikan, yakni bahasa Indonesia, matematika, bahasa inggris dan mata pelajaran pilihan. Sebanyak 12 lembaga mengikuti kegiatan ini. Di antaranya, SMAN 1 Ngunut, SMAN 1 Boyolangu, SMAN 1 Karangrejo, SMAN 1 Pakel, SMAN 1 Gondang, SMAN 1 Tulungagung, SMAN 1 Kauman, SMAN 1 Kalidawir, SMAN 1 Kedungwaru, SMAN 1 Rejotangan, SMAN 1 Campurdarat, dan MA Diponegoro Bandung. 

(rt/did/nda/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia