Selasa, 19 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Tiga Jalur Penerimaan Peserta Didik Baru

Dalam PPDB Tahun Ajaran 2019/2020

17 Januari 2019, 13: 55: 59 WIB | editor : Retta wulansari

SEMANGAT: Beberapa siswa ketika mengikuti KBM di ruang kelas SMAN 1 Tulungagung.

SEMANGAT: Beberapa siswa ketika mengikuti KBM di ruang kelas SMAN 1 Tulungagung. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2019/2020 mendatang. Dalam peraturan itu, disebutkan pendaftaran PPDB melalui tiga jalur. Yakni jalur zonasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua atau wali.

Selain itu, dalam permendikbud juga disebutkan penerimaan untuk jalur zonasi paling sedikit 90 persen dari daya tampung sekolah. Sementara untuk jalur prestasi dan perpindahan tugas orang tua atau wali, masing-masing sebesar lima persen dari daya tampung sekolah.

Berkaitan ini, Kasi SMA/SMK dan Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim wilayah Tulungagung Subagyo membenarkan adanya permendikbud ini.

Dia menjelaskan, penambahan sistem zonasi digunakan untuk pemetaan sekolah. “Di tahun ajaran 2019, kuota zonasi akan bertambah 90 persen dari daya tampung sekolah. Untuk prestasi dan perpindahan tugas orang tua, masing-masing lima persen,” jelasnya Rabu (16/1).

(rt/nda/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia