Rabu, 17 Jul 2019
radartulungagung
icon-featured
Politik

Warga Binaan Lapas Kelas II Blitar Masuk DPTb Ada 228 Pemilih

17 Januari 2019, 20: 30: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

JEMPUT BOLA : Warga binaan saat melakukan perekaman e-KTP di Lapas Kelas II B  Blitar.

JEMPUT BOLA : Warga binaan saat melakukan perekaman e-KTP di Lapas Kelas II B Blitar. (M. SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

 BLITAR KOTA - Sejumlah penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Blitar melakukan perekaman KTP elektronik, Kamis (17/1). Perekaman dilakukan untuk keperluan verifikasi daftar pemilih khusus warga lapas untuk Pemilu 2019.

Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Perencanaan dan Data Choirul Umam mengatakan, jumlah penghuni lapas yang memiliki hak pilih yakni ada 463 orang. Dari jumlah itu, sebagiannya sudah masuk daftar pemilih tambahan (DPTb). 

"Yang masuk DPTb itu ada 228 pemilih. Sedangkan lebihnya ada 235. Kami maish belum tahu itu nanti masuk DPTb atau DPK (Daftar Pemilih Khusus)," terangnya. Umam menjelaskan, warga binaan yang belum masuk DPTb itu seharusnya juga telah masuk terdaftar di DPT. Jikapun nantinya dimasukkan DPTb itu tidak bisa. Sebab, tahapan DPT sudah selesai dilakukan. Dengan begitu, yang memungkinkan warga binaan itu masuk DPK. 

Namun demikian, sesuai aturan bagi warga yang masuk DPK itu syaratnya harus berdomisili di sekitar TPS (Tempat Pemungutan Suara) setempat. "Pengalaman saat Pilgub (pemilihan gubernur Jatim) mereka masuk ke DPK. Lalu ada surat keterangan dari Dispendukcapil yang menyatakan mereka tinggal di wilayah itu. Jika untuk Pemilu nanti kami belum tahu aturannya seperti apa. Kami masih menuggu kebijakan pusat," beber Umam.

(rt/abd/kan/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia