Senin, 22 Jul 2019
radartulungagung
icon-featured
RaTu Event

Tryout Susulan UNBK Tetap Lancar

19 Januari 2019, 15: 15: 59 WIB | editor : Retta wulansari

TETAP SEMANGAT: Siswa-siswi SMAN 1 Kauman sedang mengerjakan tryout UNBK yang digelar Jawa Pos Radar Tulungagung dengan Cabdindik Provinsi Jatim Wilayah Tulungagung plus MKKS SMAN se-Tulungagung.

TETAP SEMANGAT: Siswa-siswi SMAN 1 Kauman sedang mengerjakan tryout UNBK yang digelar Jawa Pos Radar Tulungagung dengan Cabdindik Provinsi Jatim Wilayah Tulungagung plus MKKS SMAN se-Tulungagung. (HENNY SURYA AKBAR PURNA PUTRA/RATU)

TULUNGAGUNG –Tryout susulan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang digelar Jawa Pos Radar Tulungagung berkerjasama dengan Cabdindik Provinsi Jatim Wilayah Tulungagung dan MKKS SMAN se-Tulungagung berjalan lancar, Jumat (18/1). Pada tryout susulan ini, ada dua sekolah yang ikut, yakni SMAN 1 Tulungagung dan SMAN 1 Kauman. Totalnya ada sekitar 131 peserta. Terdiri atas 126 siswa SMAN 1 Kauman dan lima siswa SMAN 1 Tulungagung.

Alasan SMAN 1 Kauman ikut tryout susulan karena pada Senin (14/1) lalu pukul 15.30 Wib, listrik padam. Kala itu peserta SMAN 1 Kauman mengikuti tryout UNBK sesi ketiga. Sedangkan SMAN 1 Tulungagung lima siswa tersebut tidak masuk.

Menurut Mahar Dika, teknisi SMAN 1 Kauman, listrik padam selama tiga kali pada saat ujian tryout sesi ketiga kelas XII IPS. Akibat kendala teknis itu, lima kelas IPS harus mengikuti tryout susulan. Kendati demikian, tryout susulan matpel bahasa Indonesia berjalan dengan lancar di SMAN 1 Kauman, kemarin. “Karena terkendala pemadaman listrik, siswa harus mengikuti tryout susulan,” ungkapnya.

Pemadaman listrik itu kali pertama pukul 15.30 Wib dan hidup lagi. Tapi selang sepuluh menit mati sampai dua kali, sedangkan yang terakhir itu mati sampai 16.30 Wib. “Sebenarnya sebelum padam itu siswa banyak yang sudah selesai, tapi memang sistem harus menunggu satu jam baru bisa log out. Kebetulan sebelum log out listrik padam,” ujarnya.

Meski tryout susulan, para siswa tetap antusias mengikuti tryout kejujuran yang diselenggarakan Jawa Pos Radar Tulungagung. Antusiasme itu tampak pada ketepatan siswa kelas XII IPS sudah bersiap di lab komputer pada 08.30 Wib. Siswa juga tak ada yang protes dan mengerjakan soal dengan sebaik mungkin. “Memang tak ada pilihan lain. Jadi siswa harus mengerjakan dari nol. Jika tak ada kendala listrik padam lagi, saya yakin proses akan berjalan lancar,” katanya.

Tak dimungkiri, listrik padam berakibat fatal dalam pelaksanaan tryout kejujuran itu. Sebab, belum tersedia genset agar kendala itu tak muncul di waktu krusial itu. “Belum ada genset. Tapi untuk UNBK mendatang, tentu akan menyewa genset guna antisipasi listrik padam,” katanya.

(rt/pur/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia